Selangkah Lagi Juara, Gol Indah Fajar Bawa Indonesia Unggul 1-0

Timnas Indonesia U/16 bersama pelatih Fakhri Husaini (Antara/Zabur Karuru)
11 Agustus 2018 19:41 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO -- Timnas Indonesia U-16 unggul sementara 1-0 atas Thailand di babak pertama final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam. Gol Indonesia dicetak oleh Fajar Fathur dengan tendangan indahnya di menit 33.

Awalnya, Indonesia bermain hati-hati di tiga menit pertama. Baru pada menit keempat, gelombang serangan dilakukan pemain Indonesia ke daerah pertahanan Thailand. Bahkan, Indonesia nyaris unggul di menit 28 jika gol Supriadi tidak dianulir wasit.

Thailand bukannya tanpa perlawanan. Meski pertahanan mereka lebih sering dikurung Indonesia, mereka beberapa kali melakukan serangan balik. Serangan paling berbahaya terjadi di menit 35 atau setelah mereka kebobolan oleh gol Fajar Fathur.

Jalannya Pertandingan

Menit keempat Indonesia memberikan ancaman pertamanya dengan melakukan tendangan jarak jauh ke arah gawang, namun terlalu lemah. Menit keenam, Indonesia melakukan tekanan dengan mengurung pertahanan Thailand. Kombinasi pergerakan Yudha yang melakukan overlap di sisi kiri bersama Supriadi dan melebar ke kanan membuat pertahanan Thailand panik. Mereka terpaksa melanggar Andre yang berupaya mencari ruang tembak.

Menit 8, kerja sama Bagus Kahfi dan Brylian di tengah kembali membuka celah pertahanan lawan. Sayang, bola yang sudah berada di kotak penalti masih bisa dikuasai kiper Anuchid Taweesri.

Menit 12, tekanan Indonesia memaksa Thinakrit melanggar Amanar hingga mendapat kartu kuning.

Peluang bersih didapatkan Indonesia di menit 14. Andre yang membawa bola mendekati kotak penalti memberikan umpan kepada Kahfi. Tendangan Kahfi dari sudut sempit hanya membentur sisi kiri mistar gawang Thailand.

Thailand membalas dengan serangan cepat yang dilakukan melalui umpan panjang ke striker mereka di depan. Namun kiper Ernando dengan cepat mengantisipasi.

Menit 17, pelatih Fakhri Husaini memasukkan Fajar Fathur untuk menggantikan Amanar demi memperkuat sayap kanan. Namun, Indonesia masih belum bisa menembus pertahanan Thailand

Menit 27, Bagus Kahfi melepaskan umpan terobosan kepada Supriadi yang tak terkawal di kotak penalti. Namun upayanya mengejar bola membuatnya berbenturan dengan kiper Thailand. Benturan ini sempat membuat sedikit ketegangan.

Upaya Bagus Kahfi memberikan umpan kepada Supriadi kembali nyaris menghasilkan gol. Sayang, tembakan akurat yang disarangkan Supriadi ke gawang Thailand tidak disahkan sebagai gol karena sudah terjebak offside.

Supriadi menjadi pemain kunci dalam serangan Indonesia. Posisinya berubah menjadi goal getter dari posisi naturalnya sebagai sayap kiri.

Menit 33, Fajar Fathur memecah kebuntuan dengan gol indahnya. Menerima umpan panjang dari Andre di zona pertahanan Indonesia, Fajar yang berlari di sisi kanan menyambutnya dengan satu sentuhan yang menembus gawang Thailand. Indonesia unggul 1-0.

Thailand yang tersentak berupaya membalas dengan mengurung kotak penalti Indonesia. Bahkan Ernando harus melakukan dua kali penyelamatan krusial untuk menghalau bola. Upaya menjaga pertahanan ini juga membuat Komang dan Bagas Kaffa berbenturan kepala di depan gawang.

Menit 38, Thailand kembali membuat upaya tembakan yang melenceng tipis di atas mistar gawang Ernando. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Starting XI Indonesia U-16:

Starting XI Thailand U-16:

Anuchid Taweesri, Arthit Bua-Ngam, Chatmongkol Rueangthanarot, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet, Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Sitthinan Rungrueang, Kittiphong Khetpara, Thanakrit Laorkai, Thiraphong Yang