Asian Games 2018: Lilipaly Cetak Gol Salto, Indonesia Lumat Taiwan

Stefano Lilipaly saat membela Timnas Indonesia (Instagram)
12 Agustus 2018 21:00 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, BEKASI - Indonesia mendapat tantangan dari Taiwan pada laga pertama babak penyisihan cabang sepak bola Asian Games 2018. Di laga ini, Indonesia menang dengan skor telak 4-0.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (12/8/2018) malam WIB, Indonesia langsung menggebrak. Mereka mampu mengancam lewat tendangan Alberto Goncalves di awal laga. Menerima umpan Irfan Jaya, sepakan keras Beto di kotak penalti Taiwan masih bisa diblok.

Tokopedia

Di menit ketujuh, Indonesia memiliki peluang emas. Berawal dari pergerakan Febri Hariyadi di sisi kiri, dia mengumpan ke kotak penalti namun gagal disambut Beto dan Lilipaly. Lilipaly kembali gagal memanfaatkan peluang di menit ke-14. Mendapat umpan matang dari Irfan Jaya, bola di mulut gawang gagal disundul Lilipaly.

Setelah itu, Indonesia terus mengurung pertahanan Taiwan. Beto mendapat kesempatan di menit ke-18, sayang tembakannya masih lemah dan diamankan kiper. Begitu juga dengan tendangan Evan Dimas di menit ke-24 yang juga masih bisa ditepis kiper Taiwan.

Taiwan bukannya tanpa peluang. Serangan balik mereka juga berbahaya. Namun, Andritany masih gemilang menyelamatkan gawangnya. Kedua tim gagal mencetak gol hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia tak mengendurkan permainan. Di menit ke-51, Stefano Lilipaly mendapat peluang emas. Mendapat bola di kotak penalti, sepakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu Indonesia akhirnya datang pada menit ke-66. Berawal dari situasi tendangan bebas, Febri Hariyadi yang menjadi eksekutor mengarahkan bola ke kotak penalti. Bola lantas disundul Lilipaly dan berbuah gol. Indonesia unggul 1-0.

Indonesia kemudian bisa menambah dua gol hanya dalam waktu dua menit. Alberto Goncalves mencetak gol pada menit ke-69 setelah melakukan kerjasama dengan Lilipaly. Pada menit ke-75, giliran Lilipaly yang mencetak gol lagi. Kali ini pemain naturalisasi itu mencetak gol salto. Indonesia pun memimpin 3-0.

Di masa injury time, Indonesia masih mampu mencetak gol lagi. Kali ini melalui Hargianto yang melepaskan tembakan jarak jauh dan gagal dibendung kiper lawan. Indonesia pun menang dengan skor 4-0.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-23
Andritany, Putu Gede, hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves