Pembuktian Ousmane Dembele untuk Barcelona

Ousmane Dembele (Reuters/Sergio Perez)
13 Agustus 2018 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, TANGER — Kedatangan Philippe Coutinho ke Barcelona pada bursa transfer Januari 2018 lalu sempat membuat masa depan Ousmane Dembele di Camp Nou dipertanyakan.

Pemain yang dibeli dari Borussia Dortmund dengan harga 115 juta euro (Rp1,9 triliun) pada musim panas 2017 tersebut disebut-sebut bakal tergusur dari posisinya di starting XI Barca. Bahkan tak sedikit yang meragukan Dembele akan bertahan bersama klub raksasa Catalan.

Namun, winger serbabisa asal Prancis tersebut menunjukkan peran vitalnya memasuki kompetisi 2018/2019. Dembele tampil menggigit untuk membantu Barca meraih trofi perdana mereka musim ini dengan menundukkan Sevilla 2-1 pada Supercopa de Espana di Grand Stade de Tanger, Tanger, Maroko, Senin (13/8/2018) dini hari WIB.

Pemain berjuluk The Mosquito (Si Nyamuk) tersebut melesakkan gol tendangan geledek yang menentukan kemenangan Barca pada menit ke-78. "Saya tidak tahu apakah dia perlu laga seperti hari ini, itu pertanyaan untuk dia. Dia masih bersama kami dan kami punya ekspektasi besar terhadapanya," ujar Manajer Barca, Ernesto Valverde, seperti dilansir Marca.com.

"Dia memiliki kualitas hebat dan dia di sini dengan kami. Dia bagian dari tim dan dia mencetak satu gol, saya pikir itu sesuatu yang harus kami rayakan. Ketika pertandingan sudah berjalan, dia semakin bagus," sambungnya.

Barca juga pantas berterimakasih kepada kiper Marc Andre ter Stegen. Sebab, berkat penjaga gawang Jerman itu, Sevilla gagal menyamakan kedudukan di injury time babak kedua. Ter Stegen tampil heroik menepis tendangan penalti Wissam Ben Yedder di detik-detik akhir pertandingan. Hadiah penalti Sevilla itu diberikan gara-gara mantan pemain Barca, Aleix Vidal, dijatuhkan Ter Stegen di kotak terlarang.

Laga di Maroko sekaligus meninggalkan kesan mendalam bagi Messi. Megabintang asal Argentina itu mengangkat gelar ke-33 miliknya sapanjang kariernya bersama Barca, sekaligus gelar pertamanya sebagai kapten raksasa Catalan.