Terinspirasi Tsubasa, Bagus Kahfi Ingin Main di Liga Jepang

Top scorer Piala AFF U-16, Bagus Kahfi (tengah) berfoto bersama dua rekannya dan jajaran Pemkot Semarang di Balai Kota Semarang, Senin (13/8 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
13 Agustus 2018 23:00 WIB Imam Yuda Saputra Indonesia Share :

Semarangpos.com, SEMARANG -- Timnas Indonesia U-16 tak hanya sukses meraih juara pada Piala AFF U-16 yang berlangsung 29 Juli-11 Agustus 2018. Tim berjuluk Garuda Muda itu juga melahirkan sosok pemain bintang yang mampu meraih gelar top scorer di ajang yang berlangsung di Stadion Gelora Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Pemain bintang yang meraih gelar top scorer itu tak lain adalah Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri. Pemain kelahiran 16 Januari 2002 itu tampil impresif selama turnamen dengan menyumbang 12 gol bagi Indonesia.

Bagus, sapaan pemain asal Magelang itu mengaku banyak hal yang menjadi inspirasinya sehingga mampu meraih top scorer dan mempersembahkan juara bagi Indonesia. Salah satu inspirasinya adalah tokoh film animasi Jepang, Captain Tsubasa.

Di film animasi itu, Bagus mengaku sangat senang dengan tokoh kembar, duo Tachibana, yakni Kazuo dan Masao. Hal itu tak lain karena di Timnas U-16, ia juga bermain bersama saudara kembarnya, Amiruddin Bagas Kahfi Al-Fikri, yang bermain di posisi bek kanan.

“Iya, saya suka nonton [Captain Tsubasa]. Paling senang dengan kembar Tachibana,” tutur Bagus seusai bertemu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Balai Kota Semarang, Senin (13/8/2018).

Tiga penggawa Timnas U-16 bertemu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Balai Kota Semarang, Senin (13/8/2018). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Dalam film animasi Captai Tsubasa itu, kembar Tachibana memang tampil impresif. Keduanya bakal kerap melakukan gerakan akrobatik dala setiap aksi di lapangan hijau.

Meski demikian, Bagus mengaku bukan gerakan akrobatik Kazao dan Masao yang menjadikannya inspirasi. Melainkan kekompakan kedua bersaudara itu yang membuatnya tampil apik bersama sang kakak, Bagas.

“Saya sama mas Bagas sering latihan bareng. Jadi sudah ada chemistry di antara kami,” tutur pemain PPSM Magelang Junior itu.

Dalam kunjungan ke Balai Kota Semarang itu, Bagus kali ini datang tanpa ditemani sang kakak. Bagas tak bisa ikut ke Semarang karena harus menandatangani kontrak bersama apparel asal Jerman, Adidas.

Disinggung impiannya setelah menjuarai Piala AFF U-16, Bagus mengaku ingin membawa Indonesia kembali tampil impresif di ajang Piala AFC U-16 yang berlangsung di Malaysia, 20 September-7 Oktober 2018.

Jika mampu lolos ke semifinal di ajang AFC U-16, Indonesia bakal meraih tiket otomatis ke Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Peru, tahun depan.

Selain cita-cita mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia, Bagus juga ingin melanjutkan karier di tingkat profesional dengan bermain di salah satu klub Liga Jepang.

“Saya ingin main di luar negeri. Insya Allah di Liga Jepang [J-League],” tutur jebolan akademi Chelsea FC Singapura itu.

Tokopedia