Kandidat Gol Terbaik Eropa: Salto Ronaldo Hingga Tendangan Geledek Eriksen

Cristiano Ronaldo merayakan gol (Reuters/Tony Gentile)
14 Agustus 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NYON — UEFA mengumumkan 11 kandidat gol terbaik Eropa musim 2017/2018, Selasa (14/8/2018). Gol dua bintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo dan Christian Eriksen, masuk dalam daftar penghargaan individu tersebut.

Gol Ronaldo yang dinominasikan untuk penghargaan gol terbaik di Eropa tersebut terjadi ke gawang Juventus pada perempatfinal Liga Champions musim lalu. Saat itu, Ronaldo melesakkan gol dengan overhead kick (menendang bola dengan kaki di atas kepala) untuk merobek gawang Juventus. Saking indahnya, fans Juventus saat itu spontan berdiri dan memberi tepuk tangan atas gol Ronaldo.

Bahkan, apresiasi pendukung Juventus itu belum dilupakan Ronaldo yang mulai musim panas ini membela Bianconeri. “Standing ovation dari fans Juve setelah gol overhead kick-ku di Turin musim lalu benar-benar momentum yang luarbiasa bagiku. Saya benar-benar senang dengan reaksi mereka dan juga sambutan mereka saat ini. Ada antusiasme besar dan saya harap bisa menebusnya di lapangan,” ujar Ronaldo saat perkenalannya setelah dibeli Juve dengan banderol 100 juta poundsterling dari Madrid, seperti dilansir Uefa.com.

Sementara itu, gol Eriksen yang masuk kandidat penghargaan gol terbaik terjadi pada November 2017. Bukan ketika dia membela Tottenham Hotspur, melainkan bersama Timnas Denmark. Eriksen melesakkan tembakan geledek yang bermula dari serangan balik sempurna saat Denmark menghadapi Republik Irlandia pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Selain itu, gol bintang Marseille, Dimitri Payet, ke gawang RB Leipzig pada perempat final Liga Europa musim lalu juga dijagokan meraih gol terbaik UEFA. Gol Payet berawal dari dribel mengagumkan sebelum akhirnya dia melepaskan tembakan dari bagian kaki luar yang vital membawa Marseille lolos ke semifinal.

Tapi ada saja yang membuat kontrovesi dalam pengumuman kandidat gol terbaik UEFA ini. Itu karena gol akrobatik Gareth Bale ketika merobek gawang Liverpool pada final Liga Champions musim lalu tidak masuk daftar ini. “Bagaimana pun, ini sangat mengejutkan,” tulis situs resmi media Inggris, Daily Mail.

Pemenang gol terbaik UEFA ini akan ditentukan berdasarkan perolehan suara terbanyak. Jajak pendapat itu dilakukan secara umum melalui situs resmi UEFA, Uefa.com. Deadline pengambilan suara yakni Senin (27/8/2018) waktu setempat. Dalam tiga tahun terakhir, penghargaan gol terbaik UEFA diraih Lionel Messi (dua kali) dan Mario Mandzukic (satu kali).

Daftar Nominasi Gol Terbaik UEFA 2018
Lucy Bronze: LYON 1-0 Manchester City (Semifinal Liga Champions Eropa Wanita)
Olga Carmona: Swiss 0-2 SPANYOL (Fase Grup Euro U-19 Wanita)
Elisandro: Sporting Lisbon 2-5 INTER FS (Final Futsal Cup Eropa)
Elliot Embleton: Turki 2-3 INGGRIS (Fase Grup Euro U-19)
Christian Eriksen: Rep. Irlandia 1-5 DENMARK (Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa)
Paulo Estrela: PORTO 5 -1 Besiktas (Fase Grup UEFA Youth League)
Eva Navarro: Jerman 0-2 SPANYOL (Euro U-17 Wanita)
Dimitri Payet: MARSEILLE 5-2 Leipzig (Perempat Final Liga Europa)
Goncalo Ramos: Slovenia 0-4 PORTUGAL (Fase Grup Euro U-17)
Ricardinho: PORTUGAL 4-1 Rumania (Fase Grup Euro Futsal)
Cristiano Ronaldo: Juventus 0-3 REAL MADRID (Perempat Final Liga Champions)

Tokopedia