Barcelona vs Alaves: Potensi Barca Lanjutkan Dominasi

Gerard Pique merayakan gol bersama Lionel Messi saat melawan Sevilla pada ajang Piala Super Spanyol di Grand Stade de Tanger, Tangier, Maroko, Minggu (12/8/2018). (Reuters - Jon Nazca)
17 Agustus 2018 22:35 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA--Musim lalu, Barcelona tidak terbendung di Liga Primera. Lionel Messi dkk. finis di puncak dengan unggul 14 poin atas rival terdekat mereka, Atletico Madrid, plus unggul 17 poin atas musuh abadi mereka, Real Madrid. Raksasa Catalan pun diprediksi akan meneruskan dominasi mereka pada Liga Primera 2018/2019.

Skuat Barca memang mengalami perubahan ketimbang musim lalu. Ban kapten tim berjuluk Los Blaugrana ini kini melingkar di lengan Messi, menggantikan Andres Iniesta yang hijrah ke Jepang. Beberapa pemain baru pun tiba di Camp Nou, seperti gelandang gaek Arturo Vidal, pemain muda Arthur dan Malcom, serta bek Clement Lenglet. Tapi, dominasi Barca sepertinya bisa terulang lagi musim ini. Apalagi, rival abadi mereka, Madrid, kehilangan pemain berpengaruh Cristiano Ronaldo yang hijrah ke Juventus.

Barca pun akan memulai kampanye mempertahankan gelar Liga Primera dengan menjamu Alaves di Camp Nou, Barcelona, Minggu (19/8/2018) pukul 03.15 WIB (disiarkan langsung Bein Sports 3). Musim ini, Barca akan fokus memburu gelar Liga Champions yang tak mereka menangi sejak 2014/2015. Musim lalu, pasukan Ernesto Valverde disingkirkan AS Roma secara menyakitkan dengan agregat 4-4 karena kalah produktivitas gol tandang di babak perempat final.

"Musim ini, saya pikir kami menata platform lebih menarik, mendatangkan beberapa pemain baru yang bisa membantu kami lebih baik lagi. Meski musim lalu kami juara Liga Primera dan Copa del Rey, kami tersingkir di Liga Champions. Kami berjanji akan melakukan segala cara untuk mengembalikan trofi indah itu ke Camp Nou," ujar Messi sebelum timnya menundukkan Boca Junior pada Trofeo Joan Gamper, seperti dilansir goal.com, Jumat (17/8/2018).

Meski demikian, bukan berarti Barca akan rela melepaskan trofi Liga Primera lepas begitu saja dari genggaman mereka musim ini. Gerard Pique dkk. melakoni pemanasan sempurna dengan meraih gelar Piala Super Spanyol setelah menundukkan Sevilla 2-1, awal pekan ini.

Dembele yang tampil brilian di Piala Super Spanyol kemungkinan kembali dipasang sebagai starter di sisi kiri serangan Blaugrana. Sedangkan Vidal diprediksi mulai bermain dari bangku cadangan di pos gelandang yang dipenuhi Philippe Coutinho, Sergio Busquets, dan Ivan Rakitic.

Alaves sendiri tidak banyak menggaet pemain baru. Namun, Alaves berhasil mendatangkan penyerang asal Ghana, Patrick Twumasi, yang berpotensi menambah kreativitas serangan dan mengisi rekening gol  mereka musim ini. “Saya mendapat sambutan sangat hangat dari fans. Saya sangat senang di sini dan akan melakukan segala cara untuk bisa membantu tim dan membuat fans bangga padaku,” ujar Twumasi, seperti dikutip bleacherreport.com.

 

Prediksi Starting XI

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Coutinho, Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Dembele

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

 Alaves (4-4-2): Pacheco; Aguirregabiria, Navarro, Laguardia, Duarte; Jony, Garcia, Wakaso, Gomez; Sobrino, Guidetti

Pelatih: Abelardo (Spanyol)