6 Tim Ini Lolos ke 16 Besar Sepak Bola Putra Asian Games 2018

Penyerang Timnas Indonesia Alberto 'Beto' Goncalves setelah menjebol gawang Laos. - Antara
18 Agustus 2018 10:00 WIB M. Syahran W. Lubis Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA – Cabang sepak bola putra Asian Games 2018 telah dimulai kendati pembukaan secara resmi baru digelar Sabtu (18/8/2018), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Enam tim dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Di Grup A, Palestina dipastikan lolos ke 16 besar dengan status runner up setelah memetik poin 8 dari empat pertandingan yakni mengalahkan Laos dan Indonesia serta imbang melawan China Taipei dan Hong Kong.

Palestina telah menuntaskan empat pertandingan di satu-satunya grup yang dihuni lima tim, sedangkan lima grup lainnya masing-masing diisi empat tim.

Indonesia dan Hong Kong adalah dua tim yang secara matematis bisa meraih nilai lebih banyak daripada Palestina.

Namun, apa pun hasil pertandingan Indonesia versus Hong Kong pada Senin (20/8/2018), Palestina dipastikan hanya lolos sebagai runner up, karena nilai Hong Kong saat ini 7 dan Indonesia 6, dengan selisih gol Hong Kong—yang berpotensi mempunyai nilai 8, sama dengan Palestina—lebih baik yakni 6 berbanding 2 milik Palestina dan head to head kedua tim  1 – 1.

Di Grup B sepak bola putra Asian Games, Uzbekistan dipastikan lolos ke 16 besar sebagai juara grup bahkan kalau pun dikalahkan Thailand di laga terakhir. Uzbekistan telah memetik dua kemenangan atas Bangladesh dan Qatar.

Dengan nilai 6, posisi Uzbekistan tak mungkin dikejar lain oleh tim-tim lain, karena di posisi kedua Thailand hanya mengoleksi nilai 2, sedangkan Bangladesh dan Qatar masing-masing 1.

Sementara itu, China lolos ke 16 besar dari Grup C setelah menangguk dua kemenangan yaitu 6 -0 atas Timor Leste dan 3 – 0 versus Suriah. Meski kalah pada pertandingan terakhir Uni Emirat Arab di laga terakhir, China setidaknya lolos sebagai runner up karena unggul head to head atas Suriah.

Vietnam dan Jepang telah pasti menjadi dua wakil dari Grup D ke fase knock out. Keduanya mencatat kemenangan di dua laga awal atas Nepal dan Pakistan.

Di Grup E, Malaysia membuat kejutan menaklukkan tim kuat Korea Selatan 2 – 1 dan memastikan lolos ke 16 besar. Di laga pembuka Malaysia menang 3 – 1 atas Kirgistan. Meski di laga terakhir nanti Malaysia dikalahkan Bahrain, tim negeri jiran tetap lolos ke 16 besar setidaknya sebagai runner up grup.

Sebanyak 25 tim ikut serta yang dibagi menjadi enam grup. Grup A terdiri atas lima tim, sedangkan Grup B, C, D, E, dan F masing-masing dihuni empat tim.

Dua tim teratas di klasemen akhir fase grup ditambah empat peringkat ketiga terbaik akan melaju ke babak 16 besar atau fase knock out dengan sistem gugur.

Tokopedia

Sumber : AsianGames.id