Indonesia Dipastikan Lolos 16 Besar Sepak Bola Putra Asian Games

Pesepak bola Indonesia Jaya Irfan (kanan) selebrasi setelah memasukkan bola ke tim Palestina pada babak penyisihan sepak bola Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi, Selasa (15/8 - 2018). (Antara/Hery Sudewo)
20 Agustus 2018 13:00 WIB Ginanjar Saputra Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Timnas U-23 Indonesia memang sedang waswas terkait posisinya di klasemen Grup Babak Penyisihan Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Bola Asian Games 2018. Pasalnya, Garuda Muda yang sudah bertanding tiga kali masih berada di posisi ketiga di grup A dengan raihan enam poin dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Meski berada di peringkat ketiga, Timnas U-23 Indonesia dipastikan dapat lolos ke Babak 16 Besar Cabor Asian Games 2018. Skuat besutan Luis Milla itu seburuk-buruknya bisa lolos dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik.

Salah satu yang paling berpengaruh terhadap posisi Indonesia adalah hasil mengejutkan di laga terakhir grup B antara Bangladesh dan Qatar di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Minggu (19/8/2018) malam. Pada laga tersebut, Bangladesh mampu menang dengan skor tipis 1-0 melalui gol Jamal Bhuyan pada masa perpanjangan waktu babak kedua. Dengan hasil tersebut, Bangladesh lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up grup B.

Sedangkan yang menjadi juara grup B adalah Uzbekistan setelah menang tipis atas Thailand, skor 1-0. Kekalahan ini membuat Thailand harus menunggu hasil laga lainnya guna mendapatkan slot lolos dari jalur empat tim peringkat ketiga terbaik.

Dari daftar tim yang berpeluang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik, Indonesia dipastikan mendapatkan jatah lolos jika tetap berada di posisi ketiga grup. Saat ini Indonesia sudah mengoleksi tiga poin jika kemenangan melawan Laos tak masuk hitungan.

Pada urutan kedua terdapat Uni Emirat Arab yang juga sudah mengoleksi tiga poin namun kalah selisih gol dari Indonesia. Pakistan berada di urutan ketiga pada daftar tim yang mungkin melaju sebagai peringkat ketiga terbaik dan juga sudah mengoleksi tiga poin. Namun, Pakistan yang sudah menyelesaikan seluruh pertandingan di fase grup tak mungkin bisa menyamai selisih gol Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Jika Indonesia benar-benar lolos ke Babak 16 Besar Cabor Sepak Bola Asian Games 2018 sebagai tim peringkat ketiga terbaik, kemungkinan besar akan bertemu bertemu dengan Tiongkok atau UEA. Namun jika mampu menang di pertandingan terakhirnya pada babak penyisihan, Indonesia justru melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Garuda Muda akan melakoni pertandingan terakhir di babak penyisihan grup cabor sepak bola Asian Games 2018 melawan Hong Kong. Laga tersebut digelar di di Stadion Patriot, Bekasi, Jabar, Senin (20/8/2018) malam.

Tokopedia