Epic Comeback! Bekuk Hong Kong, Indonesia Juara Grup A

Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, merayakan gol bersama M. Hargianto (Pssi.org)
20 Agustus 2018 21:05 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, BEKASI - Timnas Indonesia U-23 berhasil keluar sebagai juara Grup A cabang sepak bola Asian games 2018. Hal itu dipastikan usai mereka mengalahkan Hong Kong dengan skor 3-1 di partai terakhir fase grup.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018) malam WIB, Indonesia memainkan skuat terbaiknya. Meski begitu, mereka kesulitan membongkar pertahanan Hong Kong yang memang tampil sulid. Begitu juga sebaliknya.

Memasuki menit ke-15, kedua tim belum juga mampu menciptakan peluang berbahaya. Baik Indonesia maupun Hong Kong sama-sama mengandalkan sisi sayap untuk melakukan penyerangan. Namun, umpan-umpan crossing yang dilepaskan masih bisa digagalkan.

Indonesia sempat mengurung pertahanan Hong Kong, 10 menit kemudian. Namun, banyaknya pemain Hong Kong yang berada di kotak penalti membuat Febri Hariyadi dkk. kesulitan. Sementara Hong Kong lebih banyak mengandalkan serangan balik yang cukup merepotkan Indonesia.

Menit ke-32, Indonesia sempat mendapat kesempatan melalui Irfan Jaya. Namun sepakan pemain Persebaya Suarabaya itu masih ditangkap kiper. Sementara Hong Kong membalas lewat tembakan keras Matthew Orr yang masih melambung.

Indonesia justru kebobolan di menit ke-38. Kapten Hong Kong Lau Hok Ming mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan Chung Wai Keung. Hong Kong unggul 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia langsung menciptakan gol di awal. Stefano Lilipaly yang mendapatkan bola langsung melepaskan umpan terobosan yang diterima Irfan Jaya. Irfan lantas membawa bola ke kotak penalti dan berhasil menaklukkan kiper Hong Kong. Skor menjadi imbang 1-1.

Di menit ke-63, Indonesia mendapat kesempatan emas melalui tendangan bebas. Rezaldi Hehanusa yang menjadi eksekutor melepaskan tembakan keras ke gawang. Sayang kiper Hong Kong masih sigap menepis bola yang mengarah ke pojok gawang.

Saat waktu normal menyisakan lima menit lagi, Indonesia mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Stefano Lilipaly berhasil membobol gawang Hong Kong setelah mendapat umpan dari Rezaldi. Dia melewati bek Hong Kong sebelum mengecoh kiper.

Di masa injury time, Indonesia mampu menambah gol melalui Hanif Sjahbandi. Pemain yang baru masuk itu berhasil memanfaatkan umpan Stefano Lilipany untuk membobol gawang Hong Kong. Skor 3-1 untuk Indonesia pun bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini membuat Indonesia melaju ke babak 16 Besar Asian Games 2018.

Selanjutnya, di babak 16 Besar Timnas Indonesia akan menghadapi peringkat ketiga terbaik dari Grup C, D, E.

Susunan pemain Timnas Indonesia

Andritany Ardhiyasa, Putu Gede, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Zulfiandi, Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Irfan Jaya, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves

Tokopedia