Inilah Pelatih Fisik Anyar Persis Solo

Lukman Afif (ofisial persis solo)
22 Agustus 2018 19:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Pelatih anyar Persis Solo Agus Yuwono merekomendasikan Lukman Afif, 33, sebagai pelatih fisik Laskar Sambernyawa untuk menggantikan Budi Kurnia yang memilih mengundurkan diri.

Lukman Afif sudah tiba di Kota Solo pada Selasa (21/8/2018) pagi. Setelah bertemu dengan Agus Yuwono di Kantor Persis Solo, manajemen Laskar Sambernyawa langsung menyodori kontrak kepada Lukman Afif yang pernah menjadi pelatih fisik dari Persibas Banyumas di Liga 2 2017. Tanpa pikir panjang, Lukman Afif langsung meneken kontrak hingga akhir musim kompetisi Liga 2 2018.

“Tadi sudah bertemu dengan Coach Agus [Yuwono]. Kami diskusi tentang bagaimana mempersiapkan program fisik di sisa waktu sebelum pertandingan melawan Aceh United [pada 3 September mendatang,” kata Afif melalui media officer Persis Solo.

Lukman Afif pernah menjalin kerja sama dengan Agus Yuwono saat masih menukangi Persijap Jepara yang berkompetisi di Indonesia Premier League (IPL) pada musim 2011-2012. Terdapat dua pemain Persis Solo yang sudah tidak asing bagi Lukman Afif. Keduanya adalah Soni Setiawan dan Heru Eto’o Setiawan yang tak lain mantan penggawa skuat Jateng di PON 2016 di Bandung. Kala itu, Lukman Afif juga menjadi pelatih fisik skuat Jateng.

“Saya belum bisa mengetahui bagaimana kondisi fisik pemain. Yang jelas, program pelatihan fisik yang sebelumnya [ditangani Budi Kurnia] akan saya lanjutkan, tetapi ada sedikit variasi,” tambahnya.

Lukman Afif merupakan lulusan S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang berlisensi C AFC. Lukman Afif juga pernah menjadi physical trainer dari PT Liga Indonesia. Musim lalu, pria asal Tegal ini bergabung dengan tim pelatih Persibas Banyumas di Liga 2.

Manajer Persis Solo Setiawan Muhamad berharap Lukman Afif bisa segera beradaptasi dengan pemain sehingga bisa mempersiapkan tim dengan baik sebelum menjalani laga kontra Aceh United.

“Coach Afif telah memiliki lisensi C AFC. Manajemen berharap pelatih fisik segera beradaptasi dengan program pelatih kepala dan menyatu dengan tim. Ada sisa waktu dua pekan untuk meningkatkan performa tim dari sisi fisik,” ujar Iwan sapaan akrabnya.

Seusai meneken kontrak dengan manajemen Persis Solo, Lukman Afif langsung berkenalan dengan para pemain di mes Persis Solo. Sore harinya, Lukman Afif langsung bergabung dalam sesi latihan yang diselenggarakan di Lapangan Bolon, Colomadu, Karanganyar. Lukman langsung memimpin pelatihan fisik yang dijalani Galih Sudaryono dkk.