Persika Karanganyar Jr. Gagal Menang di Purworejo

Kapten Persika Karanganyar Jr. Gunawan Satria Prasojo (jersey putih-oranye) mengelabui pemain ISP Purworejo Jr. di laga terakhir Grup 5 Piala Soeratin U-17 di Stadion WR Soepratman Purworejo, Selasa (21/8 - 2018). (Istimewa)
22 Agustus 2018 23:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, PURWOREJO — Menurunkan sebagian besar pemain lapis kedua, Persika Karanganyar Junior (Jr) pulang dengan membawa satu poin dari markas ISP Purworejo Jr. di Stadion WR Soepratman Purworejo, Selasa (21/8/2018).

Persika Karanganyar Jr. sengaja tidak menurunkan sejumlah pemain inti karena sudah memastikan lolos ke babak 12 besar Piala Soeratin U-17 Zona Jateng. Singa Lawu, julukan Persika Karanganyar Jr. sempat tertinggal lebih dulu melalui gol yang dicetak Danang Armando Prakoso pada menit ke-28. Persika Karanganyar Jr. baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-72.

Gol itu terlahir melalui kerja sama yang apik antara kapten Persika Karanganyar Jr. Gunawan Satria Prasojo dan Prayogo Setia Indrayanto. Gunawan yang sudah mencetak delapan gol dari enam laga bersama Persika Karanganyar Jr. melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan lawan. Setelah mengelabui beberapa pemain ISP Purworejo Jr. Gunawan langsung memberi umpan kepada Prayogo. Sepakan Prayogo gagal dibendung kiper ISP Purworejo Valentino Yusuf. Skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

“Sebetulnya kami sudah bermain bagus dengan tampil menyerang sejak awal tapi belum berbuah gol. Penyakit anak-anak itu kalau sudah menyerang terus suka lupa bertahan sehingga kami kecolongan gol melalui serangan balik,” ujar Asisten Pelatih Persika Karanganyar Jr. Syaiful Bachri kepada Solopos.com, Rabu (22/8/2018).

Seusai pertandingan manajemen Persika Karanganyar Jr. baru mendapat informasi dari akun Instagram PSSI Jateng tentang seluruh laga yang melibatkan PSISa Salatiga Jr. resmi dicabut. Hal itu menyusul mundurnya PSISa Salatiga Jr. dari Piala Soeratin U-17 Zona Jateng karena merasa tidak kuat membayar denda atas pelanggaran disiplin yang dilakukan tim.

Kondisi itu membuat Persika Karanganyar Jr. urung mendapat kemenangan walkout (WO) dengan skor 3-0 atas PSISa Salatiga Jr. Dampak lainnya, sejumlah tim yang pernah menang melawan PSISa Salatiga Jr. harus dikurang 3 poin. Persibas Banyumas Jr. menjadi tim yang harus dikurangi 3 poin. Sebelumnya, Persibas Banyumas Jr. menduduki puncak klasemen dengan raihan 16 poin, namun kini berubah menjadi 13 poin.

Syaiful menyesalkan tidak adanya pemberitahun secara resmi dari Asprov PSSI terkait pencabutan seluruh laga yang melibatkan PSISa Salatiga Jr. itu. Bila informasi itu diketahui sebelum pertandingan, Persika Karanganyar Jr. akan menurunkan pemain inti sejak awal untuk meraih kemenangan atas ISP Purworejo Jr. Sebab, kemenangan atas Purworejo Jr. akan membawa Persika Karanganyar Jr. ke puncak klasemen dengan raihan 13 poin.

Persika Karanganyar Jr. unggul produktivitas gol maupun head to head atas Persibas Banyumas Jr. “Sayang kami tahunya setelah pertandingan selesai. Ya sudah, kami syukuri saja hasil akhir pertandingan ini. Kami siap menghadapi semua lawan di babak 12 besar. Saya yakin dengan kemampuan anak-anak. Kualitas mereka tidak kalah dengan pemain dari tim lain,” ujar Syaiful.