Asian Games 2018: Arab Saudi Tekuk China 4-3 di Babak 16 Besar

Timnas China sebelum bertanding melawan timnas Arab Saudi pada babak 16 besar sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (24/8/2018). (Antara - INASGOC - Hery Sudewo)
24 Agustus 2018 21:30 WIB Dunia Share :

Solopos.com, BEKASI -- Timnas U-23 Arab Saudi menang tipis 4-3 atas China pada laga babak 16 besar sepak bola putra Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/8/2018) sore.

Tiga gol kemenangan yang mengantar Arab Saudi ke perempat final itu diborong Camara Haroune Moussa pada menit ke-16, 34 dan 59, serta satu gol tambahan dari Alselouli di menit 28. Sedangkan tiga gol balasan China dibukukan Yao pada menit ke-80, Huang Zicheng (87) dan Wei Shihao (90+3).

Gelandang Arab Saudi, Alselouli, membuka menit pertama dengan hentakkan peluang gol hasil umpan pemain sayap Alkhilaif ke jantung lawan. Namun bola sontekan pemain nomor punggung 11 itu masih membentur mistar gawang China.

Kebuntuan selama 15 pertama jalannya pertandingan pun pecah saat penyerang Arab Saudi berusia 20 tahun Camara Haroune Moussa lepas dari kawalan bek lawan. Dia bergerak bebas menuju ke kotak penalti untuk menaklukkan kiper Chen Wei.

Arab Saudi berhasil menggandakan gol pada menit ke-28 melalui duet penyerang Alselouli dan Ghareeb yang berpadu mengoyak pertahanan lawan. Bola dari umpan cepat Ghareeb di mulut gawang dengan cepat disontek Alselouli ke dalam gawang Chen.

Enam menit berselang, Camara memperoleh gol keduanya yang mengubah kedudukan menjadi 3-0. Gol ketiga ini akibat kesalahan komunikasi antara bek Gao Zunyi dan gelandang Liu Yiming saat mengolah pergerakan bola di kotak penalti.

Bola liar tersebut disambar Camara dan menceploskan ke tengah gawang yang kembali gagal diselamatkan Chen.

Setelah berganti sisi lapangan, pelatih China Massimilliano Maddaloni menyuplai stamina baru di lini tengah dengan memasukkan Feng Bouyuan untuk menggantikan Zhang Yuan. Tertinggal tiga gol di babak pertama membuat He Chao dan rekannya tampil lebih agresif melakukan tekanan ke gawang Arab Saudi.

Fokus menyerang tersebut membuka celah di lini bertahan China yang dimanfaatkan lewat serangan balik Arab Saudi dan Camara menuntaskan umpan Ghareeb untuk memperbesar keunggulan 4-0.

China memperoleh gol perdananya lewat peluang tendangan bebas dari luar kotak penalti setelah dua bek Saudi menjegal seorang pemainnya hinga terjatuh. Yao Junsheng sukses mengonversi peluang tendangan bebas tersebut ke pojok atas gawang Alyami hingga mengubah kedudukan papan skor 4-1 di menit 80.

Tujuh menit berselang, pemain pengganti Huang Zichang menyumbang gol kedua bagi China melalui sontekan tajam di mulut gawang. Raihan dua gol rupanya membuat China bermain lepas dari tekanan lawan, terbukti dengan gol ketiga yang disumbang oleh penyerang Wei Shihao di tiga menit tambahan berakhirnya babak kedua.

Susunan pemain:

China: Chen Wei (GK), Liu Yang, Gao Zhunyi, Yaou Junsheng, Wi Shihao, He Chao (c), Zhang Yuning, Chen Binbin, Zhang Yuan, Liu Yiming, Deng Hanwen.

Saudi Arabia: Alyami Mohammed Faray (GK), Tarmin Abdullah Hassun, Alyousif Abdullah Ahmed, Alamri Abdulelah Ali, Alharbi Yousef Saad, Ghareeb Abdurahman Abdullah, CamaraHaroune Moussa, Alkhulaif Ayman Shafiq, Alselouli Saad Ali, Alsaluli Awn Muylaq (c), Alomran Nasser Salman.

Sumber : Antara