Momen Keputusan Shaun Robert Evans yang Paling Bikin Meradang

Kiper Uni Emirat Arab, Mohamed Alshamsi (kanan) menepis bola sundulan Hansamu Yama dengan latar belakang tribun Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, yang kosong, Jumat (24/8/2018). (Antara - INASGOC - Ary Kristianto)
24 Agustus 2018 22:39 WIB Adib Muttaqin Asfar Dunia Share :

Solopos.com, SOLO -- Ada banyak kontroversi yang dibuat oleh wasit Shaun Robert Evans dalam laga Indonesia vs Uni Emirat Arab (UAE) di babak 16 besar Asian Games 2018, Jumat (24/8/2018). Dua gol tim asal Timur Tengah itu semuanya dicetak melalui hukuman penalti.

Namun dari sekian kontroversi yang dibuat wasit asal Australia itu, keputusannya menghadiahkan penalti yang berujung gol kedua UAE menjadi yang paling menjengkelkan suporter Indonesia. Bagaimana tidak, Shaun Robert Evans menunjuk titik putih hanya gelandang serang UAE terjatuh di depan gawang Andritany.

Padahal jika melihat rekaman momen tersebut, tak tak terlihat ada pelanggaran yang dilakukan pemain Indonesia. Saat itu, terjadi perebutan bola antara pemain UAE itu dengan bek Hansamu Yama, namun tiba-tiba Shaheen jatuh ke depan. Saat itu, jelas-jelas Hansamu tidak menarik atau menghalangi dengan tangan. Bahkan Hansamu jelas mengangkat kedua tangannya ke atas untuk menghindari kontak.

Namun, salah satu wasit yang pernah memimpin Liga 1 Indonesia itu tak peduli dan menganggap Hansamu melakukan pelanggaran. Hal inilah memicu kecaman dari netizen Indonesia di Instagram. Mereka menilai keputusan Shaun Robert Evans memberikan penalti adalah salah dan menganggapnya tak pantas memimpin laga internasional selevel Asian Games.

"@shaunevan_ss wasit level tarkam," tulis akun ed_brotosaurus.
"Where your eyes ????@saunevan_ss," tulis radenjokodolog.
"Man of the match today @shaunevan_ss," tulis aazhar__.

Sumber video: @bolaaa_goal