Sepak Bola Asian Games 2018: Prediksi Indonesia Vs UEA

Timnas Indonesia (Antara/Ary Kristianto)
24 Agustus 2018 08:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, CIKARANG — Sejak ditukangi Luis Milla, Timnas Indonesia U-23 punya rapor merah saat menghadapi negara-negara asal Timur Tengah. Skuat Garuda Muda, julukan Timnas U-23 punya kans untuk memperbaiki rapor itu kala bertemu Uni Emirat Arab di babak 16 besar cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada Jumat (24/8/2018) sore WIB.

Di era Luis Milla, Suriah menjadi lawan pertama yang berasal dari Jazirah Arab. Dalam dua laga uji coba yang digelar di Stadion Wibawa Muktik pada 16 dan 18 November tahun lalu, Timnas U-23 menelan kekalahan 2-3 dan 0-1 dari Suriah.

Bahrain menjadi tim kedua asal Jazirah Arab yang mempermalukan Timnas U-23 di hadapan pendukungnya sendiri. Saat bertemu di ajang PSSI Anniversary Cup pada April 2018 lalu, Febri Hariyadi dkk. takluk dengan skor 0-1. Terakhir, Timnas U-23 dibuat tidak berkutik saat dikalahkan Palestina U-23 dengan skor 1-2 di babak penyisihan Grup A Asian Games 2018.

Meski tampil dengan menguasai jalannya pertandingan dan lebih banyak menciptakan peluang, Timnas U-23 selalu kesulitan saat menghadapi tim asal Timur Tengah yang memiliki postur lebih tinggi. Dengan postur tinggi itu, para pemain belakang tim asal Timur Tengah menjelma menjadi tembok kokoh yang sulit ditembus lini serang Timnas U-23.

Tinggi postur pemain UEA itu wajib diwaspadai oleh Evan Dimas dkk. dengan tidak banyak memainkan bola-bola atas. Di Asian Games 2018, penampilan UEA U-23 sebetulnya jauh dari kata cemerlang. Bahkan, Timnas U-23 berada di atas angin untuk memenangi duel kontra UEA U-23 itu. UEA U-23 hanya mampu mengemas satu kemenangan kontra Timor Leste U-23 dengan skor 4-1. Sisanya, UEA U-23 dipecundangi Syria U-23 dengan skor 0-1 dan digilas Tiongkok U-23 dengan skor 1-2.

Berbeda jauh dengan performa anak asuh Luis Milla yang mampu mengemas tiga kemenangan dari empat pertandingan. Dari tiga kala, UEA U-23 hanya mampu mencetak 5 gol dan kebobolan 4 gol. Sementara Timnas U-23 yang bisa mencetak 11 gol dan kebobolan 3 gol. Produktivitas gol yang ditorehkan Timnas U-23 menjadi yang tertinggi di ajang Asian Games menyamai catatan gol yang ditorehkan Tiongkok U-23.

Dukungan penuh suporter yang memadati stadion akan menambah suntikan moral untuk Hansamu Yama dkk. Sebagai tuan rumah, Timnas U-23 tentu lebih diunggulkan untuk melaju ke babak perempat final untuk menghadapi pemenang antara Bangladesh U-23 kontra Korea Utara U-23.

Sementara itu, Pelatih UEA Maciej Skorza meminta anak asuhnya tampil fokus saat menghadapi Timnas U-23. Skorza menilai Timnas U-23 punya sederet pemain berkualitas yang bisa menyulitkan anak asuhnya.

Perkiraan Susunan Pemain Indonesia Vs UEA:

Timnas Indonesia U-23 (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa; Zulfiandi, Evan Dimas; Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi;Beto Goncalves.

Pelatih: Luis Milla

Timnas UEA U-23 (4-4-2): Mohammed Al Shamsi; Saleem Sultan Al Sharjee, Ahmed Almehrzi, Esmail Khalid, Majed Seror; Mohamad Omar Al Attas, Khaled Aldhanhani, Rashed Mohammed Omer, Khalfan Ali; Zayed Al Ameri, Ali Al Yahyaee.

Pelatih: Maciej Skorza