Sosok Shaun Evans, Wasit Kontroversial Indonesia vs UAE

Wasit Shaun Evans saat memimpin Indonesia vs UEA (Antara/Dhemas Reviyanto)
24 Agustus 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - Wasit asal Australia, Shaun Evans, mendapat sorotan setelah memimpin pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Uni Emirat Arab (UAE) pada babak 16 Besar Asian Games 2018. Evans dianggap membuat sejumlah keputusan kontroversial yang memancing amarah netizen.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (24/8/2018), Indonesia kalah dalam dram adu penalti. Di waktu normal, Indonesia dan UEA berimbang dengan skor 2-2. UEA diuntungkan dengan dua hadiah penalti. Sementara Indonesia harus berjuang keras untuk mencetak gol.

Dua keputusan memberikan penalti itu lah yang membuat Evans mendapat sorotan. Pasalnya, dalam tayangan lambat, pemain Indonesia hanya melakukan kontak minimal dalam dua insiden tersebut. Tak hanya itu, Evans juga memberikan kartu merah kepada asisten pelatih Timnas U-23, Bima Sakti, karena melakukan protes keras.

Keputusan-keputusan Evans itu memancing amarah netizen Indonesia. "Shaun Evans Unfai #timnasday," cuit pemilik akun @dhaniy_99.

"Shaun Evans berat sebelah dan tidak bijaksana," kicau pemilik akun @ChristianAgstn.

Shaun Evans sendiri merupakan wasit berlisensi B FIFA. Dia menjadi pengadil lapangan di liga domestik Australia serta turnamen di Negeri Kanguru. Dia juga pernah menjadi wasit di ajang Piala AFC.

Di Asian Games 2018 sendiri, Shaun telah memimpin tiga laga termasuk Indonesia vs UEA. Sebelumnya, dia menjadi pengadil dalam duel Arab Saudi vs Iran dan Suriah vs China di babak penyisihan grup.

Evans ternyata juga pernah menjadi wasit di Liga 1 Indonesia. Menariknya dia juga membuat keputusan kontroversial kala itu. Evans ditunjuk sebagai wasit dalam pertandingan pekan ke-33 Liga 1 musim lalu yang mempertemukan Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Di laga itu, Evans setidaknya membuat tiga keputusan kontroversial. Pertama, menganulir gol penyerang Persib Ezechiel Ndouassel padahal bola jelas masuk ke gawang. Kemudian memberikan penalti kepada Persija. Serta yang terakhir adalah memberikan kartu merah kepada bek Persib Vladimir Vujovic.

Akibat keputusan-keputusan kontroversial Evans itu, Persib mogok main dan memilih walk out. PSSI pada akhirnya mengevaluasi Evans dan tak menggunakan jasanya lagi pada Liga 1 musim ini.