Pelatih Anyar Persis Solo Masih Utak-Atik Formasi

Pelatih Persis Solo Agus Yuwono memberi arahan kepada anak asuhnya di sela-sela latih tanding menghadapi Kartika Yudha Jati FC di Lapangan Papahan, Jati, Karanganyar, Jumat (24/8 - 2018). (Istimewa/Ofisial Persis Solo)
25 Agustus 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Indonesia Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Pelatih Persis Solo Agus Yuwono mencoba tiga formasi sekaligus dalam latih tanding menghadapi Kartika Yudha Jati FC di Lapangan Papahan, Jati, Karanganyar, Jumat (24/8/2018). Dalam latih tanding ini, Laskar Sambernyawa menang 4-0.

Pada babak pertama, Agus Yuwono mencoba formasi 4-2-3-1 yang biasa dipakai oleh pelatih sebelumnya, Jafri Sastra. Namun, oleh Agus Yuwono, Eli Nasoka ditempatkan sebagai gelandang bertahan bersama Tegar Hening Pangestu. Pada era Jafri Sastra, Eli Nasoka menempati posisi gelandang serang.

Kendati begitu, posisi gelandang bertahan itu tidaklah asing bagi Eli Nasoka. Pasalnya, ia pernah diplot sebagai gelandang bertahan pada era kepelatihan Widyantoro dan Freddy Muli.

Di belakang gelandang bertahan, Agus Yuwono memasang empat pemain yakni Soni Setiawan, Ikhwan Ciptady, Absor Fauzi dan Syaiful Ramadhan. Di depan dua gelandang bertahan, Agus Yuwono menempatkan Tri Handoko dan Dedi Cahyono Putro sebagai winger serta Rudiyana sebagai gelandang serang. Sementara Abanda Rahman diplot sebagai striker tunggal.

Di babak kedua, Agus Yuwono mencoba dua formasi lain yakni 4-3-3 dan 4-4-2 dengan komposisi pemain di lini depan yang sama. Ini karena Johan Yoga masih menepi dari lapangan karena cedera dan Azka Fauzi izin tidak mengikuti latih tanding karena ada keperluan keluarga.

“Setelah empat hari bersama, saya ingin melihat kemampuan seluruh pemain saat latih tanding sore ini. Ada beberapa catatan evaluasi dari pertandingan persahabatan sore ini. Formasi 4-2-3-1, 4-3-3 dan 4-4-2, masih kami coba. Mana yang paling tepat digunakan saat lawan Aceh United, itu yang dipakai,” kata Agus Yuwono melalui media officer Persis Solo, Sabtu (25/8/2018).

Menghadapi Aceh United, Persis Solo dipastikan tidak bisa diperkuat bek andalan, Asyraq Gufron karena terkena hukuman akumulasi kartu. Sebagai ganti, Agus Yuwono menyiapkan Absor Fauzi untuk mendampingi Ikhwan Ciptady. “Di posisi center back, Ikhwan dan Absor menjadi pilihan utama setelah Gufron absen. Untuk lini belakang tidak ada persoalan,” ujar Agus.

Di lini tengah, selain Eli Nasoka dan Tegar Pangestu, eks juru taktik Perseru Serui tersebut masih memiliki Heru ‘Eto’o’ Setyawan, Bayu Andra dan Dody Alfayed. “Heru belum bisa bergabung dengan tim. Dia izin mengurus persiapan pernikahan. Skema di pertandingan ini tentu akan ada perubahan di beberapa posisi sebelum lawan Aceh United. Evaluasi terus dilakukan,” tegas Agus. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

Tokopedia