4 Tahun Absen, Ajax Kembali ke Liga Champions

Ajax Amsterdam (Twitter)
29 Agustus 2018 20:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, KIEV — Ajax Amsterdam memiliki sejarah panjang di panggung Liga Champions. Tim asal Amsterdam, Belanda, ini merupakan tim keenam dalam daftar pemegang trofi terbanyak di kompetisi yang dahulunya bernama Piala Champions tersebut.

Ajax mengantongi empat Si Kuping Lebar, julukan trofi Liga Champions. Tim berjuluk De Godenzonen (Anak-Anak Tuhan) ini hanya kalah dari Real Madrid (13 gelar), AC Milan (7 gelar), Bayern Munich (5 gelar), Liverpool (5 gelar), dan Barcelona (5 gelar) dalam daftar peraih trofi terbanyak Liga/Piala Champions.

Namun, Ajax sangat sulit berkompetisi di Liga Champions. Jangankan menambah gelar, Ajax dipaksa absen dalam kompetisi paling elite di Benua Biru ini sejak empat tahun silam. Namun, setelah menunggu empat tahun, Ajax akhirnya kembali ke habitat mereka di Liga Champions 2018/2019.

Tim yang kini dibesut Erik ten Hag tersebut memastikan lolos ke fase grup setelah menundukkan Dynamo Kiev dengan agregat 3-1 pada play-off. Ajax yang sebelumnya menang telak 3-1 pada leg pertama di Amsterdam Arena, cukup bermain imbang di kandang Kiev, Rabu (29/8) dini hari WIB, untuk memastikan ke Liga Champions.

“Ini [lolos ke Liga Champions] sangat indah bagi semua orang di klub ini, namun kami belum mendapatkan apa-apa,” ujar Ten Hag meminta anak asuhnya tidak cepat berpuas diri, seperti dikutip Sportnews.to.

Ajax tak perlu berkecil hati ketika comeback ke turnamen paling glamor di Eropa ini. Mereka memiliki beberapa pemain berpengalaman di level elite, yakni Klaas-Jan Huntelaar, Daley Blind, dan Lasse Schone.

Tapi Ajax bakal sulit menghindari grup neraka saat pengundian, Kamis (29/8/2018) nanti. Ajax yang tergabung dalam pot 4 berpotensi berjumpa klub-klub papan atas dari pot 1, pot 2, dan pot 3. Ten Hag sendiri berharap bergabung dengan raksasa Jerman, Bayern Munchen, dalam pengundian grup.

Sementara gelandang belia Ajax, Frenkie de Jong, bisa jadi akan berjumpa dengan klub yang mengincarnya musim panas ini, Barcelona, pada fase grup nanti. Tim raksasa Catalan itu disebut-sebut siap menggelontorkan budget besar untuk membeli pemain 21 tahun tersebut. Tapi De Jong memutuskan bertahan di Ajax setelah timnya lolos ke Liga Champions musim ini.

“Mungkin saya akan bergabung dengan Barcelona, tapi bukan musim ini. Saya bertahan di Ajax, saya pikir ini akan jadi musim bagus,” ujar De Jong, seperti dilansir goal.com.

Tokopedia