Kejutan! Wali Songo Sragen Tersingkir Dini di Liga Santri Nusantara

Wali Songo Sragen (Istimewa)
30 Agustus 2018 16:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Kejutan terjadi di babak delapan besar Liga Santri Nusantara (LSN) Sub Region II Soloraya yang dihelat di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (29/8/2018). Ponpes Wali Songo Sragen yang meraih juara dalam tiga tahun berturut-turut harus tersingkir lebih dini setelah dikalahkan sesama tim asal Sragen, Nurul Hikmah, melalui drama adu penalti.

Tampil dengan dukungan ribuan suporter, Wali Songo sebetulnya menguasai jalannya pertandingan. Mereka mengurung pertahanan Nurul Hikmah dalam laga yang berlangsung 2x30 menit. Para penggawa Wali Songo juga banyak menciptakan peluang di mulut gawang, namun tak satupun yang berbuah gol. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor masih imbang 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

“Wali Songo kurang beruntung. Ada peluang emas yang seharusnya berbuah gol. Pemain Wali Songo itu tinggal berhadapan dengan kiper, tapi tidak bisa bikin gol. Di babak adu penalti, mental kedua tim benar-benar di uji. Di babak itu, Wali Songo kalah dengan skor 3-4,” ujar Koordinator LSN Region II Jateng Ali Sutopo saat ditemui Solopos.com di lokasi.

Ini adalah penampilan terburuk Wali Songo sejak LSN bergulir kali pertama pada 2015 lalu. Wali Songo selalu meraih Juara I Sub Region II Soloraya. Tidak hanya itu, dalam tiga edisi LSN, Wali Solo selalu meraih Juara I Region II Jateng sehingga mendapat tiket ke putaran nasional. Penampilan terbaik Wali Songo terjadi pada LSN 2016 yang meraih Juara II setelah di babak final putaran nasional kalah dari Nur Iman Sleman melalui drama adu penalti.

“Kekalahan di babak delapan besar ini jelas menjadi pukulan telak bagi Wali Songo mengingat selama ini mereka selalu juara dan bisa tampil di putaran nasional. Tersingkirnya Wali Songo membuat tim lain lebih termotivasi untuk tampil habis-habisan. Sudah pasti akan ada juara baru di LSN Sub Region II Soloraya ini,” ucap Ali Sutopo.

Di babak semifinal, Nurul Hikmah Sragen akan bertemu Mamba’ul Hikmah Wonogiri yang sebelumnya mengalahkan Zumrotuth Tholibin Boyolali melalui drama adu penalti dengan skor 4-1. Di laga lain, Darul Mubtadi’ien Karanganyar menggenggam tiket ke semifinal setelah mengalahkan PPMI Assalam dengan skor 3-1. Di babak semifinal, Darul Mubtadi’ien akan bertemu Al Falah Sukoharjo yang berhasil mengalahkan Darul Fikr Boyolali dengan skor 4-0. 

Tokopedia