Juara Asian Games 2018, Korsel Raja Sepak Bola Asia

Timnas Korea Selatan U/23 (Antara/Dwi Prasetyo)
02 September 2018 15:25 WIB Moh Khodiq Duhri Dunia Share :

Solopos.com, BOGOR - Timnas Korea Selatan (Korsel) U-23 menobatkan diri sebagai raja sepak bola Asia dengan raihan lima medali emas dari ajang Asian Games. Tim berjuluk Taeguk Warriors itu unggul satu keping medali emas dari Iran yang berada di peringkat dua.

Korsel menjadi yang terbaik di Asian Games 2018 cabang olahraga sepak bola putra. Jepang harus puas dengan medali perak setelah kalah dengan skor 1-2 dari Korsel di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/9/2018) malam WIB.

Pertandingan Korea Selatan versus Jepang harus ditentukan melalui perpanjangan waktu. Son Heung-min merupakan kreator lahirnya dua gol dari Korsel yang dicetak Lee Seungwoo pada menit ke-93 dan Hwang Hee-chan pada menit ke-101. Jepang yang turun dengan pemain U-21, tanpa hadirnya pemain senior, hanya bisa membalas satu gol yang dicetak Ayase Ueda pada menit ke-115. Adapun medali perunggu diraih Uni Emirat Arab (UEA) yang mengalahkan Vietnam di laga sebelumnya. UEA menang lewat babak adu penalti dengan skor 4-3.

Kemenangan ini membuat Korsel mempertahankan medali emas yang diraih pada Asian Games 2014 lalu di Incheon. Keberhasilan Korsel merajai Asia memiliki arti khusus bagi sang kapten Son Heung-Min. Bintang Tottenham Hotspur berusia 25 tahun itu bisa bernapas lega karena raihan medali emas itu membuatnya terbebas dari kewajiban terjun di dunia militer demi menyelamatkan kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Korsel menerapkan wajib militer kepada setiap pria sehat secara fisik dan mental sejak usia 19-35 tahun. Hukuman penjara sudah menunggu bagi yang menolak menjalani wajib militer itu. Namun, pemerintah Korsel memberikan jalur khusus bagi warga negara yang berprestasi di bidang olahraga. Peraih medali dari cabang olahraga apapun di Olimpiade dan Asian Games tak perlu mengikuti wajib militer.

Kubu Tottenham Hotspur pun merasa diuntungkan dengan raihan medali emas Timnas Korsel U-23 itu. Setelah pertandingan berakhir, Spurs langsung bereaksi dengan mengucapkan selamat kepada Son Heung-Min atas pencapaiannya melalui sebuah pesan di Twitter. Dalam sesi wawancara seusai pertandingan, Son pun mengucapkan terima kasih kepada timnya, Spurs.

“Tottenham Hotspur sangat mendukung saya dan itu sangat berarti bagi saya. Saya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan suporter Spurs. Mereka sangat spesial,” ujar Son seperti dilansir Espn.co.uk.

Tokopedia