Pemain Terbaik FIFA: Messi Terlempar dari Tiga Besar

Bintang Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi seusai mencetak gol pertama melawan SD Huesca pada lanjutan Liga Primera di Camp Nou, Barcelona, Minggu (2/9/2018). (Reuters - Albert Gea)
03 September 2018 23:16 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, SOLO--Tensi perdebatan siapakah yang pantas mendapat julukan Greatest of All Times (GOAT) antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sedikit menurun tahun ini. Itu karena Messi kembali terlempar dari tiga besar dalam penghargaan individu prestisius di tingkat UEFA dan FIFA.

Setelah hanya menduduki posisi kelima dalam daftar kandidat Pemain Terbaik UEFA 2017/2018, Messi terpental dari tiga besar kandidat Pemain Terbaik FIFA 2018. FIFA mengerucutkan tiga kandidat untuk meraih penghargaan paling prestisius di dunia tersebut, Senin (3/9/2018). Dan tidak ada nama Messi dalam daftar tersebut.

Pemain yang masuk kandidat tiga besar Pemain Terbaik FIFA 2018 tersebut adalah Ronaldo, Luka Modric, dan Mohamed Salah. Pada 2017/2018, Messi sebenarnya memiliki musim yang lumayan bagus. Dia berhasil membawa Barcelona meraih double winner dengan menjuarai Liga Primera dan Copa del Rey. Messi juga dinobatkan sebagai  El Pichichi di Liga Primera musim lalu dengan 34 gol, unggul jauh atas Ronaldo yang cuma mengantongi 26 gol. Messi bahkan meraih Golden Shoes, penghargaan untuk pemain tersubur di liga-liga Eropa.

Hanya tak bisa dimungkiri, Ronaldo dan Modric memenangi trofi di level lebih besar ketimbang Messi pada 2018 ini. Ronaldo dan Modric membawa Madrid meraih gelar Liga Champions. Sedangkan Salah melakoni musim yang mengesankan bersama Liverpool, termasuk ke final Liga Champions.

Modric mendapat nilai plus lantaran mampu mengantar Kroasia menembus final Piala Dunia 2018. Pemain yang akrab disapa Lukita tersebut telah ditahbiskan sebagai Pemain Terbaik UEFA yang diumumkan setelah proses drawing fase grup Liga Champions 2018/2019 di Monaco,  Kamis (30/8/2018) malam WIB. Modric mengungguli Ronaldo yang mencetak 15 gol dan menjadi top scorer Liga Champions musim lalu. Sedangkan Messi hanya menempati urutan kelima di belakang Modric, Ronaldo, Mohamed Salah, dan Griezmann.

Fans Madrid mendukung Modric meraih Pemain Terbaik FIFA dan Ballon d’Or alih-alih mantan pahlawan mereka, Ronaldo. Seperti dilansir givemesport.com, Senin, penghargaan Pemain Terbaik FIFA akan diumumkan di London, 24 September mendatang. Penghargaan ini ditentukan berdasarkan suara terbanyak dari para pemain, pelatih, jurnalis, dan fans.

 

 

KANDIDAT TIGA BESAR FIFA AWARD 2018

Kandidat Pemain Pria Terbaik

Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid*)

Luka Modric (Kroasia/Real Madrid)

Mohamed Salah (Mesir/Liverpool)

 

Kandidat Pelatih Pria Terbaik

Zlatko Dalic (Timnas Kroasia)

Didier Deschamps (Timnas Prancis)

Zinedine Zidane (Real Madrid)*

 

Kandidat Kiper Tebaik

Thuibaut Courtois (Belgia/Chelsea*)

Hugo Lloris (Prancis/Tottenham)

Kasper Schmeichel (Denmark/Leicster City)

 

Kandidat Pemain Terbaik Wanita

Ada Hegerberg (Norwegia/Lyon Putri)

Dzsenifer Marozsan (Jerman/Lyon Wanita)

Marta (Brasil/Orlando Pride)

 

Kandidat Pelatih wanita Terbaik

Reynald Pedros (Lyon Putri)

Asako Takakura (Timnas Jepang Putri)

Sarina Wiegman (Timnas Belanda Putri)

 

Kandidat Suporter Terbaik

Sebastian Carrera (CD Poerto Montt)

Timnas Jepang dan Senegal

Timnas Peru

 

Ket:* Tim/klub yang dibela pada musim 2017/2018.

 

 

Tokopedia