Kini Eropa Mainkan UEFA Nation League

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mendengarkan pertanyaan wartawan pada sesi jumpa pers UEFA Nations League di Clairefontaine, Prancis, Senin (3/9 - 2018). (Reuters)
03 September 2018 23:37 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MUNICHJeda internasional di Eropa akan semakin berwarna mulai tahun ini karena menyuguhkan UEFA National League. Jadi, negara-negara Eropa tidak sekadar melakoni uji coba, namun mereka turun dalam sebuah kompetisi yang mempertemukan tim-tim selevel.

Sebagai juara bertahan Piala Dunia, Prancis akan menjadi sorotan pada UEFA Nation League perdana ini. Tim berjuluk Ayam Jantan tersebut masuk di Grup 1 League A bersama Jerman dan Belanda.

Sekadar informasi, UEFA Nation League diikuti negara-negara Eropa dan terbagi dalam empat kelompok besar, yakni League A, League B, League C, dan League D. Masing-masing League terdiri atas empat grup, di mana masing-masing grup terdapat sekitar tiga tim.

Pertandingan masing-masing grup digelar dengan sistem liga, saling bertemu dan memainkan laga kandang dan tandang. Tim yang finis sebagai juara grup yang lolos ke UEFA Nation League Finals pada 2019 mendatang.

Bagaimana peluang Prancis untuk lolos ke putaran final? Meski berstatus juara Piala Dunia 2018, Prancis harus berjuang keras di Grup 1 League A. Jerman yang terhenti di fase grup pada Piala Dunia 2018 lalu tentu tak ingin juga terpuruk di Nation League. Sementara Belanda yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018 perlu memperbaiki reputasi mereka agar lebih disegani di Nation League ini.

Meski demikian, Prancis sepertinya tidak terlalu tegang untuk mempersiapkan diri ke UEFA Nation League. Kylian Mbappe dkk. bersantai di Clairefontaine sebelum mereka terbang ke Munich, Jerman, untuk memulai kampanye perdana di UEFA Nation League melawan Jerman, di Allianz Arena, Munich, Jumat (7/9/2018) pukul 01.45 WIB. Prancis lantas akan menjamu Belanda di Stade de  France, Paris, tiga hari kemudian.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengumpulkan kembali anak asuhnya setelah sekitar dua bulan mengangkat trofi Piala Dunia di Stadion Luzhniki, Rusia. Seperti dilansir dailymail.co.uk, Senin (3/9/2018), para pemain Prancis, seperti Mbappe, Paul Pogba, Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud telah bergabung dengan tim di Clairefontaine.

Hampir semua pemain Prancis yang ikut Piala Dunia 2018 diproyeksikan melawan Jerman dan Belanda di Nation League. Namun, Deschamps belum menjamin kiper nomor satunya, Hugo Lloris, bisa langsung turun ke lapangan.

Itu karena kondisi kebugaran Lloris dipertanyakan setelah membela Tottenham di Liga Premier, Minggu (2/9/2018) malam WIB. Tapi, Lloris tetap dijadwalkan berkumpul dengan rekan-rekannya di Clairefontaine.

"Dia mengalami masalah otot, dia diharapkan bisa datang ke sini dan dia akan diputuskan [main atau tidak] oleh petugas medis," jelas Deschamps, seperti dilansir sportstarlive.com, Senin.

Deschamps masih memiliki beberapa kiper alternatif untuk menggantikan Lloris apabila kapten Prancis itu tidak siap turun ke lapangan. Di antaranya kiper Montpellier, Benjamin Lecomte. "Benjamin Lecomte? Dia salah satu yang layak untuk dipanggil [apabila Lloris absen]," jelas Deschamps.

 

UEFA Nation League

LIGA A

Grup 1         Jerman, Prancis, Belanda

Grup 2         Belgia, Swiss, Islandia

Grup 3         Portugal, Italia, Polandia

Grup 4         Spanyol, Inggris, Kroasia

LIGA B

Grup 1         Slovakia, Ukraina, Rep. Cheska

Grup 2         Rusia, Swedia, Turki

Grup 3         Austria, Bosnia, Irlandia Utara

Grup 4         Wales, Rep. Irlandia, Denmark

LIGA C

Grup 1         Skotlandia, Albania, Israel

Grup 2         Hungaria, Yunani, Finaldia, Estonia

Grup 3         Slovania, Norwegia, Bulgaria, Siprus

Grup 4         Rumania, Serbia, Montenegro, Lithuania

LIGA D

Grup 1         Georgia, Latvia, Kazakhstan, Andorra

Grup 2         Belarusia, Luksemburg, Moldova, San Marino

Grup 3         Azerbaijan, Kep. Faroe, Malta, Kosovo

Grup 4         Macedonia, Armenia, Liechtenstein, Gibraltar

Sumber: uefa.com.