Enrique Larang Pemain Spanyol Bawa HP

Luis Enrique (Reuters)
04 September 2018 23:00 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID--Senin (3/9/2018) mungkin menjadi hari yang tidak akan terlupakan bagi Luis Enrique. Pada hari itu, ia untuk kali pertama bertatap muka dengan seluruh skuat Timnas Spanyol sejak ditunjuk sebagai pelatih baru tim berjuluk La Furia Roja tersebut.

Enrique mengajak timnya beramah-tamah sebelum dia memimpin sesi latihan. Pria yang akrab disapa Lucho itu tidak membiarkan media berlama-lama menyoroti latihan perdana bersama timnya. Itu karena ia ingin konsentrasi penuh mempersiapkan La Furia Roja sebelum melawan Inggris pada laga perdana Grup 4, Liga 1, UEFA Nations League, di Stadion Wembley, London, Minggu (9/9/2018) dini hari WIB.

Meski demikian, ada beberapa hal yang menarik yang bisa diungkap media-media lokal Spanyol dalam latihan perdana Spanyol bersama eks pemain Barcelona dan Real Madrid tersebut. Sport menyebut Enrique cukup ketat memberlakukan aturan kepada pemainnya. Bahkan, Sergio Ramos cs. dilarang menggunakan smart phone saat sesi makan bersama. Itu karena Enrique berharap para pemainnya bisa rileks dan saling bertukar pikiran secara langsung, alih-alih sibuk sendiri-sendiri dengan hand phone  [HP] mereka.

“HP diungsikan dari ruangan di mana para pemain melakukan sarapan, makan siang, dan makan malam di markas mereka di Madrid,” tulis Sport, Selasa (4/9/2018).

Meski demikian, bukan berarti Enrique bersikap kaku kepada para pemain. Dia terlihat akrab ketika menyapa beberapa pemain La Furia Roja yang berdatangan ke markas latihan. Dalam tayangan MarcaTV, mantan pelatih Barcelona itu juga memeluk dan mengajak bercanda kapten Spanyol dan Real Madrid, Sergio Ramos.

Saat latihan, Enrique tidak melakukan tim talk. Ia langsung meminta para pemain mengelompokkan diri menjadi tiga bagian untuk melakukan rondos (kucing-kucingan). Saat itu, enam pemain Real Madrid tergabung di kelompok yang sama. Setelah itu, dilanjutkan berlatih dua setuhan bola dan tembakan.

UEFA Nations League di Wembley bakal menandai era baru Spanyol bersama Enrique sejak tim ini tersingkir menyakitkan dari tuan rumah Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 lewat adu penalti. Spanyol kehilangan beberapa pemain yang memutuskan pensiun setelah Piala Dunia, Andres Iniesta dan Gerard Pique. Sebagai gantinya, Enrique membawa beberapa pemain yang tidak ikut serta ke Piala Dunia lalu, seperti duo pemain Chelsea, Alvaro Morata dan Marcos Alonso.

“Musim lalu benar-benar buruk, saya tidak masuk timnas dan tidak tahu di mana. Menyebalkan menjalani musim panas tanpa bisa ikut ke Piala Dunia, itu waktu yang benar-benar berat bagiku, namun  tidak ada gunanya memikirkan masa lalu,” jelas Morata, seperti dilansir marca.com.

 

 

Tokopedia