Jerman Vs Prancis: Der Panzer Under Pressure

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, bersama Jerome Boateng dan Marco Reus saat sesi latihan di FC Bayern Campus, Munich, Selasa (4/9/2018). (Reuters - Andreas Gebert)
05 September 2018 22:45 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MUNICH--Duel sesama juara dunia, Prancis versus Jerman, bakal menandai dibukanya edisi perdana Liga Nations di Grup 1 Liga A.

Pertandingan itu akan digelar di Allianz Arena, Munich, Jumat (7/9/2018) pukul 01.45 WIB.  Prancis merasa tidak terbebani meski mereka membawa embel-embel status juara Piala Dunia 2018. Les Bleus, julukan Prancis, menundukkan Kroasia dalam laga pamungkas di Luzhniki Stadium, Rusia, dua bulan lalu.

"Gelar ini [trofi Piala Dunia 2018] memberi efek bangkit, khususnya dalam kepercayaan diri. Titel juara dunia, Anda harus mempertahankannya, namun itu bukan memberatkan atau menjadi sebuah beban. Dengan semua aspek positif yang kami bawa dari Piala Dunia, itu membantu kami untuk meningkatkan kondisi psikologis, itu mendongkrak semangat," jelas Pelatih Prancis, Didier Deschamps, seperti dilansir supersport.com, Rabu (5/9/2018).

Deschamps membawa hampir seluruh skuatnya yang menjuarai Piala Dunia 2018 ke Allianz Arena. Salah satunya Kylian Mbappe yang terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik di turnamen antaranegara paling akbar di dunia, Juni-Juli lalu. Mbappe tengah dalam sorotan setelah diganjar kartu merah saat membela Paris Saint Germain (PSG) menundukkan Nimes 4-2, akhir pekan lalu. Pemain berusia 19 tahun tersebut diusir dari lapangan karena mendorong pemain Nimes, Teji Savanier, lantaran tidak terima mendapat tekel keras darinya.

"Itu bagian dari reaksi yang manusiawi. Dia tidak bisa mengontrolnya dan dia tahu itu, namun itu bukan isu besar," ujar Deschamps membela Mbappe.

Deschamps kemungkinan menempatkan kiper PSG, Alphonse Areola, untuk mengawal mistar timnya di Allianz Arena, plus melawan Belanda pada laga kedua Grup 1 Liga A di Stade de France, Paris, Senin (10/9) pukul 01.45 WIB. Itu karena kapten dan kiper utama Prancis, Hugo Lloris, mengalami cedera setelah membela Tottenham Hotspur, akhir pekan lalu.

 

Tekanan

Tekanan justru sepertinya akan mengarah pada tuan rumah Jerman pada duel perdana Grup 1 Liga A di Liga Nations ini. Der Panzer, julukan Jerman, dituntut bangkit setelah terpuruk dengan menelan dua kekalahan dalam tiga laga di fase grup pada Piala Dunian 2018. Pelatih Jerman, Joachim Low, harus membuktikan dirinya masih layak menukangi Thomas Muller dkk., caranya dengan mendapat hasil meyakinkan di Liga Nations.

"Kami semua dalam pengawasan khusus dan berada di bawah tekanan, saya menyadari itu. Bagaimana pun, saya masih yakin dengan kualitas pemainku. Skuat kami di Piala Dunia, sangat, sangat, bagus namun kami tidak tampil bagus," jelas Low.

Muller bersemangat melakukan penebusan atas kegagalan timnya di Rusia lalu. Apalagi, lawan mereka di Allianz Arena merupakan pemilik mahkota Piala Dunia 2018. "Prancis bukan hanya tim kawakan. Sebuah kemenangan melawan mereka akan menjadi langkah besar untuk mengakhiri kekalahan masif kami di musim panas ini [Piala Dunia 2018]," ujar Muller.

Tumpulnya lini depan Jerman menjadi penyebab mereka terjerembab sebagai juru kunci dalam fase grup Piala Dunia 2018 lalu. Muller dkk. hanya mengemas dua gol dalam tiga laga, meski pertahanan mereka kebobolan empat kali. Timo Werner diharapkan bisa memperbaiki ketajaman Jerman di Allianz Arena nanti. Dia diprediksi akan dipasang sebagai striker sentral dengan didampingi Marco Reus dan Muller di sisi kiri dan kanan serangan.

 

Perkiraan Starting XI

Jerman (4-3-3) Pelatih: Joachim Low (Jerman)

Neuer; Kimmich, Boateng, Hummels, Hector; Goretzka, Kroos, Gundogan; Muller, Werner, Reus

 

Prancis (4-4-2) Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Areola; Pavard, Varane, Umtiti, Mendy; Mbappe, Pogba, Kante, Matuidi; Giroud, Griezmann