Inggris Vs Spanyol: Kian Pede dengan Skuat Muda

Gareth Southgate (Reuters - Carl Recine)
07 September 2018 23:10 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON--Pelatih Inggris, Gareth Southgate, dinggap berjudi ketika membawa skuat muda ke Piala Dunia 2018. Tapi, Southgate berhasil membuktikan perjudiannya sangatlah tepat.

Skuat muda Inggris tampil melebihi ekspektasi. Padahal sebagian besar pemain mereka minim jam terbang di panggung internasional. Tim berjuluk The Three Lions itu untuk kali pertama mampu menginjakkan kaki di semifinal Piala Dunia sejak 1990. Southgate kini semakin percaya kepada pemain-pemain mudanya untuk bertarung di Liga Nations.

Di liga pengisi jeda internasional tersebut, Inggris tergabung di Grup 4 Liga A bersama runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia, dan juara Piala Dunia 2010, Spanyol. Marcus Rashford dkk. akan melakoni laga perdana mereka dengan melawan Spanyol di Stadion Wembley, London, Minggu (9/9/2018) pukul 01.45 WIB.

Fabian Delph merupakan pemain tertua yang diusung Southgate untuk bertemu Spanyol di Wembley, Minggu WIB, plus melawan Swiss dalam laga persahabatan tiga hari kemudian. Padahal, usianya “baru” 28 tahun. Southgate tak ragu mencoret pemain veteran, Gary Cahill dan Ashley Young, yang lebih sering duduk di bangku cadangan selama berada di Rusia lalu. Sebaliknya, nama-nama seperti Joe Gomez, 21, dan Luke Shaw, 23, menambah deretan pemain muda di skuat terkini The Three Lions.

Gomez sebenarnya juga mendapat panggilan ke skuat Inggris saat Piala Dunia 2018 karena penampilan cemerlangnya melawan Brasil dan Jerman pada laga persahabatan sebelum terbang ke Rusia. Namun,  mimpinya tampil di Piala Dunia terganjal karena cedera.

“Kami harus menjaga momentum [penampilan apik di Piala Dunia 2018]. Liga Nations saya pikir panggung yang tepat bagi Inggris melawan tim-tim top di dunia dan kami ingin mengalahkan mereka,” jelas kiper Inggris, Jordan Pickford, seperti dilansir afp.com, Jumat (7/9).

 

Gaya Berbeda

Spanyol juga semakin dipenuhi pemain-pemain muda. Tiga pemain kawakan tim berjuluk La Furia Roja memutuskan gantung sepatu setelah Spanyol dihentikan Rusia lewat adu penalti pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. Mereka adalah Andres Iniesta, David Silva, dan Gerard Pique.

Pelatih baru Spanyol, Luis Enrique, memasukkan beberapa pemain berusia di bawah 23 tahun untuk menghadapi Inggris. Di antaranya gelandang Atletico Madrid, Saul Niguez, 23; kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga,23; gelandang serang Madrid, Marco Asensio, 22; dan pemain Atletico Madrid, Rodri, 22. Perubahan materi pemain itu membuat Spanyol bakal mengusung gaya permainan berbeda bersama Enrique. Lucho, sapaan Enrique, menerapkan strategi yang variatif ketika membesut Barca selama tiga tahun.

Bersama Spanyol, Lucho juga sangat ketat dalam mengawasi kedisiplinan anak didiknya. Bahkan, ia melarang para pemain memakai smart phone saat sesi makan bersama. “Penting untuk bersikap disiplin. Tidak memakai HP saat makan itu bagus buatku. Itu bagus buat kami tidak membawa maquinita [mesin kecil],” jelas gelandang Spanyol, Isco, dilansir as.com.

 

 

Perkiraan Starting XI

Inggris (3-5-2) Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)

Pickford; Walker, Stones, Maguire; Trippier, Lingard, Henderson, Alli, Shaw; Kane, Rashford

Spanyol (4-3-3) Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

De Gea; Carvajal, Nacho, Ramos, Alonso; Niguez, Busquets, Alcantara; Asensio, Morata, Isco

Tokopedia