Liga Nations: Hasta La Vista, Barca!

Luis Enrique (Reuters)
07 September 2018 23:11 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID--Spanyol pernah identik dengan Barcelona. Pada Piala Konfederasi 2013 misalnya, sekitar sembilan pemain Barcelona mengisi skuat berjuluk La Furia Roja tersebut. Namun, perlahan-lahan jumlah pemain klub raksasa Catalan di skuat Spanyol semakin berkurang.

Ditunjuknya mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique, sebagai entrenador baru Spanyol tidak bisa mengubah fakta tersebut. Bahkan, Enrique hanya memanggil dua pemain Los Blaugrana ke La Furia Roja untuk melawan Inggris pada Liga Nations di Stadion Wembley, London, Minggu (9/9/2018) pukul 01.45 WIB. Mereka adalah Sergio Busquets dan Sergi Roberto.

Pada 2018, jumlah pemain Barcelona di Timnas Spanyol rata-rata 3,6 per laga. Itu merupakan rasio terendah selama satu dekade terakhir. Pensiunnya bek Barcelona, Gerard Pique, setelah Piala Dunia 2018 ikut memengaruhi. Begitu juga dengan keputusan mantan kapten Barcelona, Andres Iniesta, gantung sepatu dan panggung internasional serta hijrah ke klub Jepang, Vissel Kobe.

Satu lagi pemain Barca di Piala Dunia 2018 yang tidak kembali memperkuat La Furia Roja, Jordi Alba. Lucho, sapaan Enrique, tidak memanggil mantan anak buahnya di Barca tersebut melawan Inggris. Keputusan eks pelatih Celta Vigo dan AS Roma itu mengejutkan pelatih Barcelona saat ini, Ernesto Valverde.

Maklum penampilan Alba di Liga Primera musim lalu mengesankan. Dia mengemas sembilan assist, paling tinggi bagi defender di Spanyol. Dia juga mengkreasi 11 gol. Namun, hubungan kurang harmonis dengan Lucho membuat Alba disebut-sebut tidak masuk skuat terkini La Furia Roja. Pada musim terakhir Lucho melatih Barca pada 2016/2017, ia beberapa kali melakukan eksperimen dengan formasi 3-4-2. Enrique pun tidak menyertakan Alba dalam skenario permainannya.

"Itu bukan tergantung padaku, apakah pelatih memanggilku atau tidak. Itu keputusan yang dia buat. Saya tidak punya masalah dengan siapa pun di level profesional," jelas Alba, seperti dilansir goal.com, Jumat (7/9/2018).

Hasta La Vista, Barca! (Selamat Tinggal, Barca!). Begitulah respons media mengenai semakin berkurangnya pemain Barca di Spanyol. Namun, ini sebenarnya bukan paling sedikit Barca mengisi skuat La Furia Roja. Timnas Spanyol pernah hanya diisi satu pemain Blaugrana pada laga persahabatan melawan Bosnia pada Mei 2016, yakni Marc Bartra.

Sementara itu, musuh bebuyutan Blaugrana, Madrid, konsisten menyokong enam pemain ke La Furia Roja di era baru mereka bersama Enrique. Salah satunya, kapten Sergio Ramos yang sebelumnya menjadi rekan duet Pique di jantung pertahanan Spanyol. Duet Ramos dan Pique telah menjadi simbol “keakuran” kubu Madrid dan Barcelona di Timnas Spanyol. Namun, kini duet el clasico itu lenyap dengan keputusan Pique pensiun dari panggung internasional.

Tokopedia