Kualifikasi Piala Asia U-16: Timnas Putri Indonesia Bekuk Palestina 3-2

Timnas Indonesia U/16 Putri (Pssi.org)
15 September 2018 23:00 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, BISHKEK — Timnas Indonesia U-16 Putri berhasil mengesampingkan problem suhu udara yang dingin untuk membungkam tim Palestina dengan skor 3-2 dalam laga perdana Grup D Kualifikasi Piala Asia U-16 Wanita 2019. Kemenangan ini meningkatkan kepercayaan diri anak asuh Rully Nere itu untuk meraih tiket putaran final Piala Asia U-16 di Thailand, 15-28 September tahun depan.

Cuaca memang menjadi salah satu kendala Portia Fischer dkk. saat mendarat di Kirgizstan, penyelenggara kualifikasi, enam pekan lalu. Suhu yang mencapai 20 derajat celcius jelas membuat Garuda Pertiwi Muda, julukan Timnas U-16, kurang nyaman. “Suhu di sini memang cukup dingin dan cukup berpengaruh,” ujar Rully Nere sebelum pertandingan.

Namun mereka terbukti mampu mengelola problem tersebut untuk mengalahkan Palestina dengan skor tipis 3-2 di Stadion Dolen Omurzakov Stadium, Bishkek, Kirgizstan, Sabtu (15/9/2018) sore WIB. Indonesia bahkan sudah unggul melalui Annia Febiana saat laga baru berjalan tujuh menit. Tiga menit kemudian, Garuda Pertiwi Muda menggandakan keunggulan lewat Sheva Imut. Skor 2-0 bertahan sampai jeda pertandingan seperti dilansir The AFC.

Di babak kedua Indonesia tak mengendurkan serangan dan mengubah skor menjadi 3-0 lewat tembakan Firanda. Sayang setelah unggul telak, Timnas lengah dan kebobobolan dua gol di akhir babak kedua. Setelah laga tersebut Timnas sudah ditunggu tuan rumah Kirgizstan pada Senin (17/9/2018).

Ada enam grup dalam kualifikasi dan setiap juara pool akan masuk ke putaran kedua. Lalu, dua tim berstatus runner-up terbaik dari enam grup menyusul ke babak selanjutnya. Delapan tim pada putaran kedua dibagi dua grup dan masing-masing juara serta runner-up lolos ke putaran final.

Ada delapan tim yang bakal tanding pada putaran final Piala Asia U-16 Wanita 2019. Empat yang sudah lolos adalah tuan rumah Thailand dan tiga besar turnamen edisi 2017 yakni Korea Utara, Korea Selatan dan Jepang.