Piala Asia U-16: Cukup Seri Lawan India, Indonesia Lolos & Juara Grup C

Para pemain Timnas Indonesia U-16 (dari kiri ke kanan) Andre Oktaviansyah, Amiruddin Bagus Kahfi, Mochamad Yudha Febrian, dan Sutan Diego Zico. - Antara/Zabur Karuru
24 September 2018 23:00 WIB M. Syahran W. Lubis Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-16 memang dipaksa berbagi skor 1–1 dengan Vietnam dalam matchday kedua Grup C Piala Asia U-16 di Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (24/9/2018) malam. Namun, Indonesia selangkah lagi mengunci tiket lolos ke perempatfinal dengan menghadapi India.

Di babak pertama laga yang ditayangkan MNC TV itu, Indonesia tertinggal oleh gol Khuat Van Khang melalui tendangan bebas pada menit 29. Serangan Indonesia yang tak diperkuat Supriadi terbaca oleh lawan dan selalu patah di luar kotak penalti. Striker Amirudin Bagus tampak sendirian bermain di depan dan selalu dikawal oleh bek lawan.

Di babak kedua, Fakhri Husaini menarik keluar Amanar dan memasukkan Sutan Diego Zico. Zico mengisi posisi penyerang tengah dan Bagus bergeser ke sayap kiri. Posisi sayap kanan diisi Hamsa Lestaluhu. Formasi ini terbukti mampu membuat lini serang Indonesia berbahaya. Pada menit 49, melalui tekanan dari sayap kiri, Zico yang mendapatkan bola dengan posisi membelakangi gawang masih mampu melepaskan tembakan yang meluncur ke gawang Vietnam dari sudut sempit. Skor berubah menjadi 1-1.

Vietnam kembali membalas dengan serangan cepat di 10 menit akhir pertandingan dan nyaris membuat Indonesia kehilangan poin. Tercatat dua kali kiper Ernando dipaksa berjibaku menahan tembakan akurat dari penyerang Vietnam Dhau Ngoc Thanh.

Dengan hasil imbang ini, Indonesia belum bisa mengunci tiket lolos otomatis ke 8 besar. Namun, Zico dkk hanya butuh hasil seri untuk memastikan tampil sebagai juara Grup C sehingga lolos bersama India yang juga mengantungi nilai 4. India menahan seri Iran tanpa gol dalam pertandingan lain Grup C pada Senin ini.

Meski nilai sama-sama 4 hasil satu kali menang dan satu imbang, Indonesia cukup seri karena unggul selisih gol 3 – 1 berbanding 1 – 0 milik India. Dalam dua pertandingan matchday pertama pada Jumat (21/9/2018), Indonesia mengalahkan Iran 2–0, sedangkan India menaklukkan Vietnam 1–0. Dalam matchday ketiga yang digelar pada Kamis (27/9/2018), Indonesia akan berjumpa India. Jika seri, kedua tim lolos ke babak 8 besar atau perempatfinal.

Sementara itu, Vietnam dan Iran masih berpeluang lolos ke perempat final sebagai runner up jika bisa menang di laga terakhir dan di laga lain Indonesia atau India mencatat kemenangan. Namun, dalam hal ini, akan diperhitungkan hasil head to head.

Artinya, jika Iran yang menang, Indonesia dipastikan lolos ke 8 besar meski kalah dari India, karena Indonesia menang atas Iran. Namun, jika Vietnam yang menang dan Indonesia kalah, akan dihitung selisih gol atau produktivitas mencetak gol.

Namun, tentu saja kita berharap Indonesia paling tidak seri melawan India sehingga dipastikan tampil sebagai juara Grup C dan di babak 8 besar pada Senin pekan depan (1/10/2018). Hal itu penting untuk mendapat lawan yang relatif lebih ringan yakni runner up Grup D yang kemungkinan besar adalah Irak.

Jika hanya menjadi runner up Grup C, di 8 besar Bagas-Bagus dkk mesti meladeni tim kuat Korea Selatan yang kemungkinan besar akan tampil sebagai juara Grup D.

Sumber : Bisnis/JIBI