Rival Juga Tumbang, Peluang Persis Solo Lolos ke 8 Besar Masih Besar

Laga Persibat Batang vs Persis Solo di Stadion M. Sarengat Batang, Sabtu (29/9 - 2018). (Solopos / Ichsan Kholif Rahman)
29 September 2018 22:00 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, BATANG -- Kekalahan yang diraih tiga tim teratas di matchday ke-19 Liga 2 Wilayah Barat mengubah peta persaingan tim menuju babak delapan besar. Setidaknya, terdapat sembilan tim yang masih berpeluang ke babak delapan besar sebagai gerbang promosi ke Liga 1 musim depan.

Persis Solo dan Persiraja Banda Aceh sama-sama gagal meraih poin. Kedua tim tak bisa memanfaatkan kesempatan untuk memangkas selisih poin dengan Semen Padang yang di hari sebelumnya, Jumat (28/9/2018), dipermak tuan rumah Aceh United dengan skor 1-4. Alih-alih bisa mencuri poin, Persis Solo justru takluk 1-2 dari Persibat Batang di Stadion M. Sarengat Batang, Sabtu (29/9/2018) sore.

Setali tiga uang, Persiraja Banda Aceh juga dipermalukan tuan rumah Perserang Serang dengan skor 1-3 di Stadion Maulana Yusuf. Baik Persis Solo, Persiraja dan Aceh United sama-sama mengoleksi 29 poin dan masih menghuni empat besar bersama Semen Padang FC yang berada di puncak klasemen dengan raihan 35 poin.

Sementara itu, kemenangan yang diraih Perserang tidak hanya membuat tim ini menjauh dari zona degradasi. Perserang yang menghuni peringkat tujuh juga punya peluang besar lolos ke babak delapan besar karena mengoleksi 28 poin.

Di pihak lain, meski kalah di laga ke-19, Persita Tangerang dan PSPS Riau juga berpeluang melenggang ke babak delapan besar karena hanya berjarak satu poin dari peringkat empat saat ini. Bahkan, Cilegon United dan Persibat Batang yang berada di peringkat delapan dan sembilan [satu tingkat di atas zona degradasi] dengan raihan 25 poin juga punya peluang lolos ke babak delapan besar.

Tiga laga terakhir yang harus dijalani sembilan tim ini ibarat laga final. Siapa yang menang di laga berikutnya akan membuat peluang ke babak delapan besar semakin terbuka lebar. Sebaliknya, bila menelan kekalahan, peluang delapan besar bisa terbuang.

"Kami masih berpositif thinking untuk bisa berada di empat besar. Kami akan lupakan hasil pertandingan ini. Semoga tim kami lebih baik ke depannya," ujar gelandang serang Persis Solo Eli Nasoka dalam jumpa pers seusai pertandingan melawan Persibat Batang melalui media officer.