Ini Biang Kekalahan Bayern Munchen dari Hertha Berlin

Hertha Berlin vs Bayern Munchen (Reuters/Hannibal Hanschke)
30 September 2018 15:00 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, BERLINBayern Munchen selalu memiliki motivasi tersendiri ketika bermain saat d’Weisn (festival tradisi di Munich yang ditandai dengan pembukaan tong bir oleh wali kota setempat). Maka tak heran apabila tim berjuluk Die Roten ini kerap meraih hasil gemilang pada momentum tersebut.

Sayang, tradisi hasil apik Die Roten pada d’Weisn itu rusak ketika mereka bertandang ke markas Hertha Berlin, di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (29/9/2018) dini hari WIB. Gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer kebobolan dua gol pemain Hertha, masing-masing lewat Vedad Ibisevin dari titik putih dan Ondrej Duda di babak pertama.

Ini merupakan kekalahan perdana Bayern di momentum d’Weisn sejak mereka takluk 0-2 dari Borussia Dortmund pada 2010. Ini sekaligus mengakhiri tren tak terkalahkan mereka pada festival ini selama 28 laga. Yang paling parah, koleksi poin yang diperoleh Bayern saat ini disamai Hertha, masing-masing meraup 13 poin dalam enam pertandingan di Bundesliga 2018/2019.

Bayern pantas kecewa berat. Sebab, mereka sebenarnya sangat dominan dalam penguasaan bola maupun produktivitas tembakan dibandingkan Die Alte Dame, julukan Hertha. Bayern mencaplok 70 persen ball possession dan melesakkan 25 tembakan. Sedangankan Hertha hanya kebagian 30 persen penguasaan bola dan cuma bisa melepaskan enam tembakan percobaan.

Meski begitu, serangan Hertha lebih efektif. Empat tembakan Hertha berbuah on target dan dua di antaranya berbuah gol. Sedangkan meski mengoleksi 25 shot, Bayern cuma bisa mengemas lima on target.

“Konversi serangan kami salah satu alasannya [kalah], namun kami juga membiarkan kemasukan dua gol. Dua gol itu seharusnya bisa dicegah,” jelas Pelatih Bayern, Niko Kovac, seperti dilansir Reuters.