Prediksi Timnas Indonesia U-16 Vs Australia U-16

Timnas Indonesia U/16 bersama pelatih Fakhri Husaini (Antara/Zabur Karuru)
01 Oktober 2018 13:30 WIB Moh Khodiq Duhri Dunia Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-16 selangkah lagi akan mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia U-17. Syaratnya, Garuda Asia, julukan Timnas Indonesia U-16, harus memenangi duel kontra Australia U-16 di babak delapan besar Piala AFC U-16 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018) sore WIB.

Tampil di Piala Dunia U-17 tentu menjadi impian banyak timnas dari berbagai negara. Saat Timnas Indonesia kesulitan tampil di Piala Dunia level senior, para pemain yang rata-rata masih berusia 16 tahun di luar dugaan mampu membuka asa tampil di turnamen sepak bola paling bergengsi sejagad raya ini.

Meski hanya di level tim junior, perjuangan Bagus Kahfi dkk. untuk bisa tampil di Piala Dunia patut diacungi jempol. Bila bisa tampil di Piala Dunia U-17, anak asuh Fakhri Husaini bakal mengobati dahaga masyarakat Indonesia yang sudah bertahun-tahun bermimpi negaranya tampil di Piala Dunia.

Australia U-16 menjadi lawan terakhir yang harus disingkirkan Indonesia U-16 untuk bisa tampil di Piala Dunia U-17 di Peru pda 2019 mendatang. Sayangnya, tim yang akan dihadapi Garuda Asia ini bukan lawan yang bisa dianggap enteng.

Australia U-16 punya catatan bagus saat bertemu Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-15 di Thailand tahun lalu. Kala itu, Bagus Kahfi mampu mencetak hattrick. Namun nahas, Indonesia U-16 harus takluk dengan skor mencolok 3-7 dari Australia U-16.

"Fisik menjadi salah satu kendala kami ketika itu [dikalahkan Australia U-16 dengan skor 3-7]. Akan tetapi, laga itu sudah lewat dan para pemain yang tampil saat itu juga tidak ada yang trauma. Kami saat ini fokus ke laga melawan Australia U-16," tutur Fakhri Husaini seperti dilansir Liputan6.com, Minggu (30/9).

Kabar baik bagi Timnas U-16 karena sudah bisa diperkuat oleh M. Supriyadi. Winger energik ini sempat cedera setelah menjadi bulan-bulanan pemain belakang India U-16 saat kedua tim bertemu di laga terakhir babak penyisihan Grup C. Menghadapi Australia U-16, Supriyadi bisa menjadi andalan di lini serang bersama Bagus Kahfi dan Sutan Diego Zico.

Bek Timnas Indonesia U-16, Komang Teguh Trisnanda meminta rekan-rekannya merapatkan barisan pertahanan saat menghadapi Australia U-16. Ia juga meminta rekan-rekannya meminimalkan umpan-umpan lambung karena para pemain Australia U-16 relatif lebih tinggi daripada para pemain Indonesia U-16.

"Ancaman Australia datang dari bola-bola atas. Pemain Australia memang tinggi-tinggi. Tetapi kami tidak takut. Pemain tinggi biasanya kurang lincah. Kami bisa mengantisipasinya dengan bermain umpan-umpan pendek," jelas Komang seperti dilansir Antaranews.com.

Sementara itu, Pelatih Australia U-16 Trevor Morgan diam-diam ikut menyaksikan laga antara Indonesia U-16 melawan India U-16 pada Jumat (28/9). Padahal, kala itu, Australia U-16 belum tentu bertemu Indonesia U-16 di babak delapan besar. Morgan pun menyebut Indonesia U-16 bakal merepotkan Australia U-16. Meski begitu, ia merasa yakin timnya bisa mengatasi perlawanan Indonesia U-16.

"Indonesia adalah tim yang sangat bagus. Mereka akan mendapat banyak dukungan [suporter]. Itu akan menjadi suasana yang bagus [buat Indonesia]. Tapi, kami merasa yakin bisa memenangi pertandingan," papar Trevor Morgan.