Dibekuk Australia, Indonesia U-16 Batal ke Piala Dunia

Timnas Indonesia U/16 (Pssi.org)
01 Oktober 2018 17:32 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-16 gagal melaju ke putaran final Piala Dunia U-17, tahun depan. Pasalnya, mereka gagal melaju ke semifinal Piala Asia U-16 setelah dibekuk Australia.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018) sore WIB, Indonesia langsung mendapat tekanan. Bahkan Tim Garuda Muda nyaris kebobolan setelah sontekan Duzel di menit pertama mengenai tiang gawang.

Duzel kembali menebar ancaman ke gawang Indonesia. Di menit ke-10, dia mendapat peluang emas di kotak penalti. Namun, tembakan kerasnya masih bisa digagalkan kiper Indonesia, Ernando Ari, yang memang tampil gemilang.

Terus tertekan, Indonesia justru bisa mencuri gol di menit ke-16. Berawal dari kontrol yang salah dari pemain Australia, Sutan Zico berhasil mencuri bola. Dia lantas melepaskan tembakan keras yang berbuah gol. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Setelah itu, Australia terus menggempur pertahanan Indonesia demi mendapatkan gol penyama. Botic melepaskan tembakan keras di menit ke-23, tapi masih membentur pemain belakang Indonesia. Kemudian sepakan keras Kirdar yang masih melenceng tipis, tak lama setelahnya.

Kedua tim terus mencoba untuk mencetak gol. Beberapa peluang emas yang nyaris berbuah gol pun tercipta. Namun skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan hingga jeda turun minum.

Di awal babak kedua, Australia mampu membuat gol penyama. Berawal dari tendangan bebas di menit ke-50, Kirdar mengarahkan bola ke kotak penalti. Daniel Walsh lantas menyundul bola dan berhasil mengelabui Ernando Ari. Skor menjadi imbang 1-1.

Di menit ke-62, Australia nyaris membalikkan kedudukan setelah tembakan Botic hanya menerpa tiang. Mereka benar-benar membalikkan kedudukan tiga menit kemudian. Adam Leombruno mampu menaklukkan Ernando Ari dan membuat Australia unggul 2-1.

Noah Botic akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor pada ment ke-74. Mendapat umpan terobosan, Botic sempat mengecoh Komang Teguh sebelum akhirnya melepaskan tembakan yang menggetarkan gawang Indonesia. Skor menjadi 3-1 untuk Australia.

Indonesia kemudian memperkecil kedudukan di menit ke-88. Rendy Juliansyah yang baru dimasukkan di babak kedua, berhasil menjebol gawang Australia setelah memanfaatkan umpan cantik David Maulana. Skor menjadi 2-3.

Di sisa menit, Indonesia terus mencoba untuk mencetak gol penyama. Namun hingga laga usai, skor 3-2 untuk keunggulan Australia tetap bertahan.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-16
Ernando Ari, Komang Teguh, Fadillah Nur Rahman, M. Yudha, Bagas Kaffa, David Maulana, Brylian Negietha, Andre Oktaviansyah, M. Supriadi, Bagus Kahfi, Sutan Zico