Fakta Baru! MU Paling Malas Sprint di Inggris

Pelatih MU, Jose Mourinho, bersama para pemainnya setelah timnya kalah. (Reuters/Andrew Boyers)
01 Oktober 2018 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTERManchester United baru saja menorehkan rekor start terburuk mereka dalam 29 tahun di kompetisi kasta tertinggi di daratan Inggris setelah dipecundangi West Ham United 1-3 di Old Trafford, akhir pekan lalu.

Tentu United tidak ingin tren buruk mereka di liga lokal merembet ke Liga Champions ketika menjamu Valencia di Old Trafford, Manchester, Rabu (3/10/2018) dini hari WIB. Namun, pasukan Jose Mourinho harus memperbaiki kelemahan mereka jika ingin bangkit dari krisis.

Saat kalah dari West Ham, United hanya mencatat 59 kali sprint. Itu menjadikan Paul Pogba cs. sebagai tim Liga Premier yang paling malas sprint dalam pertandingan akhir pekan lalu. Jumlah itu sangat jauh dengan perolehan sprint Liverpool saat menahan imbang Chelsea 1-1.

The Reds, julukan Liverpool, menorehkan hingga 154 sprint! Bahkan jumlah sprint United masih kalah jauh dibandingkan Huddersfield saat takluk 0-2 dari Tottenham Hotspurd. Dalam laga itu, Huddersfield mengemas sprint sebanyak 125 kali.

Tak dimasukkannya winger Alexis Sanchez ke skuat Setan Merah bisa jadi berpengaruh besar atas minimnya jumlah sprint mereka saat tunduk dari West Ham. Mourinho lebih memercayakan Anthony Martial di sisi kiri serangan United. Sayangnya, Marthial juga gagal membuktikan dirinya lebih baik ketimbang Sanchez. Justru agresivitas serangan Setan Merah terlihat di sayap kanan setelah Marcus Rashford diturunkan dari bangku cadangan pada babak kedua.

“Saya ingin memainkan Martial, itu yang Anda [media] minta dari saya sejak jauh-jauh hari [seiring performa loyo Sanchez awal musim ini]. Saya tidak mainkan Alexis dan saya pikir Martial bukan pemain yang sangat fokus pada peran membantu pertahanan,” kritik Mourinho, seperti dilansir Espn.com, Senin (1/10/2018).

Seperti dengan Pogba, Mourinho pun dikabarkan berseteru dengan Sanchez. Namun terlepas dari panasnya rumor di ruang ganti pemain Setan Merah, Pogba dan Sanchez terlihat ikut berlatih di Carrington menjelang pertandingan kontra Valencia, Senin waktu setempat. Pemain berharga paling mahal dan digaji paling tinggi di skuat Setan Merah itu pun diharapkan membangkitkan United dari krisis, bukan malah semakin menambah runyam situasi di ruang ganti.

“Jika itu [krisis] berlanjut, itu akan menjadi start terburuk dalam sejarah klub. Seseorang harus membuat keputusan sekarang, bang, kendati harus ada seseorang yang pergi…,” ujar bek legendaris United, Rio Ferdinand, kepada BT Sport.