Persib Bandung Dihukum Berat, Ini Komentar Viking

Persib Bandung (Antara/Septianda Perdana)
02 Oktober 2018 17:25 WIB Newswire Indonesia Share :

Solopos.com, BANDUNG - Persib Bandung mendapat hukuman berat atas insiden meninggalnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirilla, 23 September 2018 lalu. Ketua Viking Persib Club, Heru Joko, pun angkat bicara mengenai hukuman tersebut.

Seperti diketahui, PSSI telah menjatuhkan hukuman kepada Persib terkait insiden tersebut. Hukuman itu diputuskan melalui sidang komdis. Hasilnya, Persib dihukum menggelar laga home di luar Pulau Jawa hingga akhir musim tanpa penonton. Bahkan pada separuh pertandingan musim depan, laga home Persib tetap tanpa penonton.

"Tidak bijaksana yah, tidak bersikap benar, sanksinya harusnya bijaksana. Membuat jera tidak segitunya [larangan bertanding di pulau Jawa dan tanpa penonton]," ujar Heru Joko seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/10/2018).

Heru menegaskan pihaknya akan menerima setiap keputusan PSSI. Namun dengan catatan, tidak membuat seluruh pihak mengalami banyak kerugian. Ia memandang larangan bertanding di pulau Jawa serta tanpa penonton di sisa musim kompetisi malah mencederai semangat dan cita-cita pengurus PSSI dulu.

"Enggak bagus, sepak bola sebagai sarana pemersatu bangsa yah. Kalau cita-cita pengurus PSSI yang dulu untuk menjadikan PSSI menjadi sarana perjuangan, menjadi tercoreng," imbuhnya.

Ia berharap PSSI mengkaji ulang sanksi yang dijatuhkan dan proporsional jika ingin membuat efek jera. Apalagi kasus meninggal Haringga Sirila berada di luar stadion bukan melibatkan kelalaian dari pihak Persib.

"Sanksinya yang membuat jera, tapi tidak membunuh semuanya. Kan itu mah oknum, kita Viking sudah mulai berubah, panpel segitu mah udah berusaha. Harusnya sanksinya yang membuat jera tapi yang pas," kata dia.

"Viking nunggu banding di manajemen. Viking percaya ke manajemen, kami ada di belakang manajemen," kata dia.

Tidak Persib, suporter Persib juga mendapat hukuman yakni dilarang menonton Persib hingga separuh musim kompetisi 2019 mendatang. Panpel Persib vs Persija juga dihukum denda Rp100 juta, sementara ketua panpel dan security officer dilarang ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama 2 (dua) tahun. 

Sumber : Antara