Napoli Vs Liverpool: Adu Jenius Ancelotti Melawan Klopp

Jurgen Klopp (Reuters/Carl Recine)
03 Oktober 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, NAPLES — Napoli dan Liverpool sama-sama memiliki pelatih berpengalaman dan berkharismatik di panggung Eropa. Napoli bersama Carlo Ancelotti, Liverpool dengan Jurgen Klopp.

Ancelotti merupakan salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Liga Champions, dengan memperoleh dua gelar bersama AC Milan dan satu trofi bareng Real Madrid. Ancelotti telah mengenyam 152 laga di kompetisi paling elite di Eropa tersebut. 

CV milik Klopp juga lumayan panjang di Liga Champions. Pelatih asal Jerman tersebut mencatat 49 laga. Meski belum pernah meraih trofi, Klopp dua kali berhasil membawa timnya menembus babak final, masing-masing bersama Borussia Dortmund dan bersama Liverpool musim lalu.

Dua pelatih berpengalaman itu pun akan beradu strategi dan kejeniusan ketika Napoli menjamu Liverpool pada laga kedua Grup C di Stadion San Paolo, Naples, Kamis (4/10/20185) pukul 02.00 WIB. Pertemuan sebelumnya kedua pelatih ini di  Liga Champions berlangsung sangat seru dan saling balas. Tepatnya pada perempatfinal Liga Champions 2013/2014. 

Klopp bersama Dortmund dipermalukan 0-3 di markas Real Madrid polesan Ancelotti pada leg pertama. Namun, Klopp berhasil membalas di Bernabeu dengan kemenangan 2-0. Ancelotti bersama Madrid akhirnya yang memastikan melaju ke semifinal dengan agregat 3-2 dan menyudahi turnamen ini dengan gelar La Decima (ke-10).

Namun, Ancelotti masih perlu membuktikan sentuhan emasnya di Eropa sejak meninggalkan Madrid. Di Seri-A, Ancelotti belum bisa dikatakan bisa menandingi keperkasaan Juventus sejak menggantikan posisi Maurizio Sarri di kursi allenatore Napoli. Akhir pekan lalu, timnya takluk 1-3 dari Juventus. Jarak Napoli melebar menjadi enam poin dari Juve.

Di Liga Champions, Ancelotti juga hanya membawa Napoli meraih hasil imbang tanpa gol di laga pembuka melawan di markas Crvena Zvezda. Meski demikian, Ancelotti masih memiliki keyakinan besar sebelum musim ini berakhir. “Kekalahan bisa terjadi, kami harus tetap meningkatkan diri, saya yakin kami masih bisa kompetitif sampai akhir nanti,” ujar Ancelotti, seperti dilansir Reuters, Selasa (2/10/2018).

Liverpool pun harus waspada menghadapi Napoli. Klopp memang memiliki tim dengan serangan maut bersama trisula Roberto Firmino, Saido Mane, dan Mohamed Salah. Akan tetapi, Napoli memiliki bek kanan tangguh, Elseid Hysaj. Akhir pekan lalu, Hysaj membuktikan kegarangannya mengawal  megabintang Juve, Cristiano Ronaldo. Hal serupa bisa dilakukan Hysaj terhadap Mane yang menempati sisi kiri serangan The Reds.

“Pemain mereka sudah bersama selama beberapa tahun, mereka seperti Tottenham,” jelas winger Liverpool yang pernah bermain di Seri-A, Xherdan Shaqiri, seperti dilansir Liverpoolecho.co.uk