Rindu Ronaldo, Madrid?

Cristiano Ronaldo saat masih berseragam Real Madrid. (Realmadrid.com)
03 Oktober 2018 22:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MOSKOW — Pendukung Real Madrid mungkin amat merindukan seorang Cristiano Ronaldo setelah menyimak laga timnya melawan CSKA Moskow di Stadion Luzhniki, Rabu (3/10/2018) dini hari WIB.

Bagaimana tidak, Los Blancos lagi-lagi gagal mencetak gol yang membuat mereka menelan kekalahan 0-1 di laga lanjutan Liga Champions. Sudah tiga laga beruntun Karim Benzema dkk. gagal menjebol gawang lawan, torehan terburuk yang mengulangi catatan Fabio Capello saat menangani tim 11 tahun silam.

Media Spanyol, Marca, menyebut Madrid tengah mengalami krisis setelah mandulnya barisan penyerang membuat tim gagal menang di tiga laga beruntun di semua ajang. Sebelumnya Madrid sudah dihantam Sevilla 0-3 dan ditahan Atletico Madrid 0-0 di Liga Primera.

Kekalahan di Moskow juga memutus rentetan gol Madrid di 29 laga beruntun di Liga Champions. Kali terakhir Madrid tak menghasilkan gol adalah saat imbang 0-0 melawan Manchester City pada April 2016.

Saat menghadapi CSKA, Madrid yang menurunkan trisula Marco Asensio, Karim Benzema dan Lucas Vazquez sebenarnya memberondong pertahanan tuan rumah dengan 26 tembakan. Namun tak ada satu pun upaya Los Blancos yang masuk sasaran. Tiga peluang terbaik yang dimiliki Casemiro, Benzema dan Mariano Diaz hanya membentur mistar.

“Kami menciptakan banyak peluang tapi tak bisa menyelesaikannya,” sesal Pelatih Madrid, Julen Lopetegui, seperti dilansir Marca, Rabu (3/10/2018).

Benzema yang sempat memberi harapan untuk menjadi suksesor Ronaldo belakangan kembali mandul. Striker 30 tahun ini gagal mencetak gol maupun assist di enam laga beruntun meski dipasang sebagai starter. Padahal sebelumnya dia mampu memborong empat gol di tiga laga awal Liga Spanyol. Gareth Bale juga kesulitan menjaga performa menyusul cedera yang kerap menimpanya. Pemain depan pelapis seperti Asensio, Vazquez dan Mariano nyatanya belum cukup konsisten untuk menyumbang gol.

Kiper Madrid, Keylor Navas, pun mengakui tak ada yang bisa menggantikan ketajaman Ronaldo di Los Galacticos. Selama berseragam putih-putih tahun 2009-2018, CR7 memang amat berpengaruh terhadap ketajaman tim lewat torehan 450 gol dari 438 penampilan di semua ajang. Madrid juga tak pernah puasa gol hingga tiga laga beruntun saat masih bersama striker yang kini membela Juventus itu.

“Cristiano membuat standar yang sangat tinggi di Real Madrid. Anda tidak bisa menggantinya begitu saja. Namun itu sudah masa lalu dan kami tak bisa terus mengingat itu,” ujar kiper Keylor Navas seperti dikutip Four Four Two. (Chrisna Chanis Cara/JIBI)