Sergio Busquets Catatkan Operan Sempurna

Tottenham Hotspur vs Barcelona (Reuters/Eddie Keogh)
04 Oktober 2018 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, LONDON — Lionel Messi mungkin menjadi pusat perhatian karena penampilan ciamiknya saat Barcelona menundukkan Tottenham Hotspur 4-2 pada Liga Champions di Stadion Wembley, Lodon, Kamis (4/10/2018) dini hari WIB kemarin.

Namun, beberapa pemain Barca lainnya juga layak mendapat kredit. Salah satunya gelandang bertahan raksasa Catalan, Sergio Busquets. Pemain berusia 30 tahun itu menorehkan statistik operan yang membuat orang membelalakkan mata.

Ya, Busquets mengukir rekor operan 100 persen alias tanpa cacat. Dalam pertandingan itu, ia melepaskan 67 kali operan dan tidak ada satu pun yang meleset! Catatan itu menjadi rekor akurasi operan terbaik Busquets dalam kariernya di Liga Champions.

Rekor sempurna Busquets dalam mengoper bola kepada rekan-rekannya itu sekaligus mengobati kegagalannya mencetak gol di Wembley. Busquets sebenarnya memiliki dua peluang merobek gawang Spurs. Tapi keduanya hanya membentur gawang.

Busquets mampu memimpin lini tengah timnya dengan apik. Manajer Blaugrana, Ernesto Valverde, memakai formasi 4-4-2 yang melambungkannya di Liga Primera musim lalu. Padahal mulai musim ini. Valverde kerap memainkan skema 4-3-3 . Valverde pun mencoret Ousmane Dembele dari line-up Barca untuk kali pertama pada musim ini. Sebagai gantinya, ia menurunkan Arthur di barisan gelandang kanan.

“Kami tetap tim yang mencoba mendominasi pertandingan dan mengambil inisiatif di setiap laga. Itu yang disebut sepak bola. Terkadang seseorang pemain barmain, terkadang yang lain tidak.” ujar dia, seperti dilansir Sport.es.

Valverde juga puas karena kemenangan di Wembley memutus tren tak pernah menang dalam tiga laga sebelumnya. “Ini laga yang sangat intensif. Seperti yang kami duga. Kami unggul terlebih dahulu, namun mereka [Tottenham] bekerja keras. Kami mendominasi, bermain sejak dari belakang dan kami tampil bagus,” jelas Valverde.