Best Moment: Jokowi Buka Asian Para Games 2018 dengan Bahasa Isyarat

Asian Para Games (Instagram asianpg2018).jpg
06 Oktober 2018 22:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Indonesia Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Asian Para Games 2018 dalam opening ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018) malam. Jokowi mengucapkan kalimat pembukaannya sambil memeragakan bahasa isyarat.

Momen itu terjadi saat Presiden Jokowi mendapatkan kesempatan untuk membuka pesta olahraga terbesar penyandang disabilitas se-Asia itu. Bahasa isyarat yang dipakai Jokowi menjadi salah satu kejutan di upacara pembukaan itu.

Dalam sambutan singkatnya, Jokowi mengucapkan selamat datang terhadap para tamu yang terdiri atas atlet dan ofisial dari 43 negara. Dia menekankan Asian Para Games 2018 momen untuk merayakan persaudaraan.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran Bapak Ibu, Saudara-Saudara, tamu-tamu istimewa dari 43 negara. Melalui Asian Para Games 2018 ini kita ingin merayakan persaudaraan. Kita menunjukkan kegigihan dan prestasi, dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan dengan resmi, Asian [Para] Games dibuka. Selamat berjuang, sukses," ucap Jokowi.

Saat mengucapkan "selamat berjuang, sukses" itulah Jokowi menggerakkan tangannya untuk memeragakan bahasa isyarat. Penggunaan bahasa isyarat merupakan salah satu bahasa untuk berkomunikasi dengan para penyandang tuna rungu.