Nasib Mourinho Aman di Kemenangan ke-400

Jose Mourinho (Reuters/Andrew Yates)
07 Oktober 2018 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER — Manajer Manchester United, Jose Mourinho, untuk bisa “membalas” komentar-komentar miring terhadap dirinya.

Mourinho sementara lolos dari ancaman pemecatan setelah timnya melakoni comeback sensasional menundukkan Newcastle United 3-2 di Old Trafford, Manchester, Sabtu (6/10/2018) malam WIB. Pelatih asal Portugal itu sudah berada di bibir jurang pemecatan ketika timnya tertinggal 0-2 dari gol Kenedy dan Yoshinori Muto di babak pertama.

Namun, setelah jeda turun minum, United mampu menyamakan kedudukan dengan gol Juan Mata dan Anthony Martial, plus gol penentu kemenangan dari sundulan Alexis Sanchez pada detik-detik terakhir pertandingan.

Chant yang mengelu-elukan Mourinho kembali terdengar di tribune penonton di Old Trafford. Sementara nyanyian “You’re getting sacked in the morning” (Anda akan Dipecat Besok Pagi) mendadak menghilang. Mourinho juga bisa sedikit bernapas lega karena sementara aman dari pekerjaannya.

“Saya berusia 55 tahun. Ini kali pertama saya melihat ‘manhunt’ [sasaran buruan]. Saya bisa berdamai dengan itu. Saya bisa hidup dengan itu. Beberapa pemain, meski mereka tidak menjadi buruan, mereka tidak bisa berdamai dengan itu. Kami memulai dengan gugup, menurutku tim tidak bisa mengatasi tekanan sebagai buruan. Semua bola di kotak penalti kami hampir menjadi gol [bagi Newcastle] dan beberapa karena kesalahan kami, keputusan buruk, dan panik,” balas Mourinho, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Ini merupakan kemenangan ke-400 dalam karier manajerial Mourinho di liga domestik. Pelatih berpaspor Portugal itu meraup 400 kemenangan, 124 imbang, dan hanya menelan 73 kekalahan dalam 597 laga domestik yang dipimpinnya sepanjang karier. Mourinho pun mulai percaya diri mengenai masa depannya di Old Trafford.

“Mereka [petinggi United] memberiku kontrak sampai Juli 2020. Saya masih punya kontrak hingga 2020, saya tidak mengacungkan pistol ke mereka. Mereka yang memberiku kontrak karena mereka menginginkanku,” ungkapnya.