2 Tahun! Jateng Tanpa Wakil di Final Liga Santri Nusantara

Ilustrasi Sepak Bola (Solopos/Whisnu Paksa)
07 Oktober 2018 17:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO — Bina Insani Kab. Semarang menjadi satu-satunya tim wakil Jawa Tengah (Jateng) yang melaju ke babak semifinal Liga Santri Nusantara (LSN) 2018. Namun, Bina Insani gagal melenggang ke babak final usai takluk 0-1 dari Nurul Fajri (Region Jabar I) di partai semifinal yang digelar di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (6/10/2018).

Pada LSN edisi 2017, partai puncak menjadi milik Darul Huda Ponorogo Jawa Timur dan Darul-Hikmah Cirebon Jawa Barat. Tim terakhir dari Jateng yang mampu melaju ke babak final LSN adalah Wali Songo Sragen pada LSN 2016. Saat itu, Wali Songo kalah melalui drama adu penalti dari Nur Iman Sleman.

Di partai semifinal itu, gol semata wayang dari Nurul Fajri dicetak M. Bangkit Mustaqim pada menit ke-70. Itu adalah gol ke-11 Bangkit di ajang LSN 2018. Bangkit saat ini memimpin daftar top scorer LSN 2018. Ia unggul jauh dari Moh. Irham di posisi dua dengan torehan empat gol.

Kemenangan tipis itu mengantarkan Nurul Fajri ke babak final untuk menghadapi Nurul Khairat Al Muhibbin (Region Kalimantan I) yang mengemas kemenangan 2-0 atas Birrul Walidain (Region Nusa Tenggara I). Dua gol dari Nurul Khairat dicetak oleh Suwandi pada menit ke-41 dan Bayu Erlangga pada menit ke-65.

“Babak final digelar Minggu [7/10] pukul 15.00 WIB. Babak final rencananya dihadiri Menpora [Imam Nahrawi], Kapolda Jateng [Irjen Pol Condro Kirono] dan Gubernur Jateng [Ganjar Pranowo]. Mereka sudah memberi konfirmasi kehadiran. Piala akan diserahkan Menpora kepada tim pemenang,” ujar perwakilan panitia Ali Sutopo kepada Solopos.com seusai pertandingan.

Babak final LSN 2018 akan dimeriahkan pertunjukan dari Syubbanul Muslimin serta pentas musik dari Wali Band.