Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs Arab Saudi U-19

Para pemain Timnas U/19 merayakan gol (Pssi.org)
10 Oktober 2018 09:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, CIKARANGTimnas Indonesia U-19 dikeliling lawan berat dalam Piala AFC U-19 yang akan digelar pada 18 Oktober-4 November 2018. Dua tim di antaranya adalah Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA). Kedua negara dari Jazirah Arab itu tentu memiliki keunggulan fisik yang tak dimiliki Garuda Nusantara, julukan Timnas U-19.

Hal tersebut membuat laga uji coba Timnas melawan Arab Saudi U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10/2018), menjadi sangat penting. Memiliki permainan yang hampir setipe dengan Qatar dan UEA, Arab Saudi menjadi lawan yang ideal untuk belajar bagaimana menghadapi tim yang cenderung fisikal.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengatakan kemenangan bukanlah hal mutlak yang harus dikejar timnya saat melawan Arab Saudi. Dia mencontohkan timnya saat berujicoba melawan Tiongkok beberapa waktu lalu. Saat itu Indra Sjafri banyak belajar soal sistem pertahanan sejak lini tengah meskipun tim akhirnya kalah karena dua gol dari situasi bola mati.

“Target kami di pertandingan melawan Arab Saudi adalah merangkum semua permainan yang sudah kami lakukan untuk bersiap di Piala AFC nanti,” ujar Indra seperti dilansir PSSI.org, Selasa (9/10/2018).

Pada ajang Piala AFC U-19 Indonesia berada di Grup A bersama Taiwan, Qatar, dan UEA. Skuat Garuda Nusantara ditarget menembus babak semifinal agar dapat lolos Piala Dunia U-20 2019. Lebih jauh Indra Sjafri memastikan belum akan menurunkan Egy Maulana Vikri kontra Arab Saudi. Meski sudah dilepas timnya, Lechia Gdansk, sang pelatih menilai Egy butuh waktu untuk adaptasi dengan permainan tim. Egy akan menjadi salah satu amunisi untuk Piala AFC U-19.

“Dia perlu istirahat Masih ada sepuluh hari, cukup bagi Egy untuk memahami game plan kami,” ucap pelatih asal Padang tersebut.

Kapten Timnas U-19, Rachmat Irianto, mengatakan timnya akan berusaha semaksimal mungkin dalam laga uji coba menghadapi Arab Saudi. Meski Arab Saudi memiliki postur yang tinggi, bek Persebaya ini mengaku tidak mempersoalkannya. “Kami akan fokus pada tim kami sendiri.”

Asisten Pelatih Arab Saudi, Ahmad Al Malki, mengatakan tim sengaja datang ke Indonesia sejak pekan lalu untuk adaptasi cuaca dan lapangan di Indonesia. Hal itu menjadi bukti keseriusan mereka untuk menghadapi Garuda Nusantara.

"Kami memilih Indonesia sebagai lawan karena di grup kami ada Tiongkok, Tajikistan, dan Malaysia. Indonesia ini lebih dekat dengan Malaysia. Di satu sisi, Indonesia juga merupakan tim yang punya kualitas. Kami mengharapkan laga ini menjadi langkah besar menuju Piala AFC U-19,” kata Ahmad. (Chrisna Chanis Cara/JIBI)