Lolos 8 Besar, Persis Solo Siap Datangkan Pemain Anyar

Pelatih Persis Solo Agus Yuwono memberi arahan kepada anak asuhnya di sela-sela latih tanding menghadapi Kartika Yudha Jati FC di Lapangan Papahan, Jati, Karanganyar, Jumat (24/8 - 2018). (Istimewa/Ofisial Persis Solo)
10 Oktober 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Indonesia Share :

Solopos.com, SOLOPersis Solo berpotensi melakukan perubahan yang cukup besar dalam skuat mereka untuk menghadapi persaingan babak delapan besar Liga 2 Indonesia. Sebanyak lima hingga delapan pemain dikabarkan sudah masuk radar Persis untuk diboyong dalam bursa transfer 11-18 Oktober 2018 mendatang.

Setiap tim yang lolos ke delapan besar mendapat kuota lima pemain anyar. Persis sendiri sudah memastikan tiket ke babak selanjutnya setelah Perserang Serang hanya bermain imbang 1-1 melawan Cilegon United di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Selasa (9/10/2018). Dengan sisa satu pertandingan, Perserang yang kini mengantongi 30 poin sudah tak mungkin menggeser Persis yang memiliki poin 35.

Aceh United yang kini berada di peringkat kelima dengan 32 poin juga mustahil menggeser Persis meski menang atas Persibat Batang di pertandingan terakhir. Ini karena Laskar Sambernyawa unggul head to head apabila memiliki poin yang sama dengan Aceh United.

Manajer Persis, Setiawan Muhamad, bersyukur tim bisa lolos ke babak delapan besar tanpa harus menunggu laga melawan Semen Padang di Stadion H. Agus Salim, Sabtu (13/10/2018). Pihaknya pun berjanji bakal memperkuat skuat agar bisa lolos dari babak delapan besar.

“Tidak menutup kemungkinan kami akan bongkar pasang di sejumlah posisi. Namun semuanya tergantung tim pelatih,” ujar Iwan Laweyan, sapaan akrabnya, saat ditemui wartawan di Stadion Sriwedari, Selasa.

Iwan membenarkan Persis mendapat lima kuota pemain anyar yang dapat didatangkan ke tim. Saat ini pihaknya masih membahas dengan tim pelatih apakah bakal memaksimalkan kuota yang diberikan. Beberapa waktu lalu Sekjen Persis, Dedy M. Lawe, sempat memberi sinyal akan menyusun “tim baru” dengan mendatangkan sejumlah pemain di babak delapan besar.

“Hari ini dan besok [Rabu, 10/10] masih akan kami bahas. Bisa saja kami pakai semua, bisa juga tidak.”

Pelatih Persis, Agus Yuwono, mengaku sudah menimang lima hingga delapan pemain yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi penggawa anyar Laskar Sambernyawa. Mayoritas pemain tersebut berasal dari tim Liga 2 yang gagal lolos ke babak selanjutnya. “Kami tidak mungkin mendatangkan pemain dari Liga 1 karena kompetisinya masih berjalan. Paling realistis ya dari Liga 2,” ujar AY, sapaan akrabnya.

AY tak menampik penambahan skuat berkonsekuensi pada pencoretan pemain yang sudah ada. Namun sang pelatih menegaskan hal tersebut adalah keniscayaan untuk membawa tim berprestasi lebih baik. “Jangan terus ada pikiran like and dislike setelah pergantian pemain. Ini murni untuk mengutamakan prestasi,” ujar eks Pelatih Perseru Serui itu.