Laga Terakhir Penyisihan Grup Liga 2 Indonesia Digelar Serentak!

Persis Solo vs Persik Kendal (Istimewa)
10 Oktober 2018 22:25 WIB Moh Khodiq Duhri Indonesia Share :

Solopos.com, SOLO - PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi mengubah jadwal laga pamungkas fase penyisihan grup Liga 2 Indonesia. Seluruh pertandingan di matchday ke-22 itu bakal digelar serentak pada Senin(15/10/2018) pukul 15.30 WIB.

Sedianya laga antara Semen Padang FC menjamu Persis Solo di Stadion Gelora H. Agus Salim dijadwalkan Sabtu (13/10/2018). Namun, manajemen Persis Solo sudah menerima pemberitahuan resmi dari PT LIB terkait perubahan jadwal laga pamungkas kontra Semen Padang.

Dalam surat bernomor 291/LIB/X/2018 yang ditandatangani Chief Executive Officer PT LIB Risha Widjaya disebutkan pertandingan pada laga ke-22 dilaksanakan serentak demi terwujudnya aspek fairness. Pertandingan yang digelar serentak itu bertujuan mengindari potensi ‘main mata’ antarklub yang ingin lolos ke babak delapan besar.

Pelatih Persis Solo Agus Yuwono menilai memang lebih baik laga ke-22 digelar serentak karena persaingan perebutan tiket ke babak delapan besar, khususnya wilayah barat masih ketat. Posisi Persis Solo di papan klasemen belum aman kendati berada di peringkat dua dengan raihan 35 poin. Bila menelan kekalahan di laga terakhir, posisi Persis Solo bisa bergeser ke peringkat kelima dengan catatan Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang dan Aceh United juga mendulang 35 poin.

“Di partai terakhir, kami ingin bermain maksimal dan membidik poin di Padang. Minimal satu angka atau hasil imbang. Persis harus memastikan nasibnya sendiri dan tidak tergantung dengan klub lain,” ujar Agus Yuwono seusai memimpin sesi latihan pagi di Stadion Sriwedari melalui media officer, Rabu (10/10/2018).

Dalam lawatannya ke Padang, Agus Yuwono berencana membawa 18 pemain. Azka Fauzi kemungkinan besar tidak disertakan karena eks Pemain Bali United itu belum sepenuhnya sembuh dari cedera. Beberapa hari sebelum Persis Solo menghadapi PSIR Rembang, Minggu (7/10/2018), Azka dikabarkan sudah sembuh dari cedera. Namun pada H-1, ia kembali merasakan nyeri pada ototnya. Azka pun masih menepi dalam sesi latihan Rabu pagi.

“Untuk sprint tidak terasa [nyeri]. Tetapi kalau berakselerasi atau membuat hentakan ke kanan atau kekiri baru terasa. Ya semoga tidak berlarut-larut dan segera sembuh,” papar Azka yang sudah mengoleksi lima gol bersama Persis Solo.

Sementara itu, Persis Solo urung berangkat ke Padang pada Kamis (11/10/2018) menyusul adanya perubahan jadwal laga pamungkas. “Tentu saja kami harus cancel jadwal pesawat ke Padang. Keberangkatan ke Padang kami jadwalkan ulang pada Sabtu [13/10/2018],” ucap Manajer Persis Solo Setiawan Muhammad.