UEFA Nations League: Prediksi Polandia Vs Italia

Timnas Italia (Reuters/Alberto Lingria)
14 Oktober 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, CHORZOW — Kesedihan Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 belum sepenuhnya reda. Akan tetapi tim berjuluk Azzurri ini terancam mendapat pukulan telak lainnya, yakni turun kasta ke Liga B di UEFA Nations League.

Italia bakal bertamu ke markas Polandia pada matchday ketiga Grup 3, Liga A, di Stadion Slaski, Chorzow, Polandia, Senin (15/10/2018) pukul 01.45 WIB. Italia dan Polandia sama-sama baru mengantongi sebiji poin dalam dua laga. Mereka bertengger di bawah Portugal yang mengemas hasil sempurna dalam dua pertandingan Grup 3. 

Italia menempati juru kunci karena kalah produktivitas gol dibandingkan Polandia. Padahal, pertadingan di Grup 3, Liga A, tinggal menyisakan dua laga. Maka, hasil imbang saja di Polandia belum tentu mengamankan Azzurri untuk bertahan di Liga A, sebagai kasta tertinggi di Liga Nations. Sementara kekalahan hampir memastikan pasukan Roberto Mancini finis sebagai juru kunci alias terdegradasi ke Liga B.

“Kami sadar, kami butuh menang pada laga Minggu [Senin dini hari WIB]. Itu salah satu laga sulit, namun kami harus menang. Jika terdegradasi, itu akan memberi kami banyak dampat [negatif],” jelas bek Italia, Leonardo Bonucci, seperti dilansir Football-italia.net, Sabtu (13/10/2018).

Bonucci menilai Italia belum banyak mengalami perubahan dibandingkan ketika mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di bawah besutan Gian Piero Ventura. Bahkan, di era Mancini ini, persentase kemenangan Azzurri semakin jeblok. Bagaimana tidak, Italia hanya menggenggam sekali kemenangan dalam enam laga bersama Mancio, sapaan Mancini.

Yang mengkhawatirkan, Italia gagal meraih clean sheet dalam delapan pertandingan terbaru di semua kompetisi. Padahal, Polandia memiliki segudang striker haus gol, seperti Roberto Lewandowski, Krzysztof Piatek, dan Arkadiusz Milik. 

Dalam pertemuan pertama kedua tim di Liga Nations, Polandia dan Italia berbagi angka 1-1 dalam duel di Bologna. Saat itu, Italia kebobolan lebih dahulu gol Piotr Zielinski. Beruntung Azzurri mampu membalas dengan gol penalti Jorginho.

Mancini dilaporkan tidak akan melakukan banyak perubahan dibandingkan ketika ditahan imbang Ukraina 1-1 pada laga persahabatan tengah pekan ini. Federico Bernardeschi yang menjadi satu-satunya pencetak gol Italia ke gawang Ukraina bakal kembali diplot sebagai ujung tombak Azzurri.

Polandia sendiri tidak akan merelakan pertandingan krusial ini. Sebab, kekalahan juga mengancam mereka ke jurang degradasi ke Liga B di Liga Nations. Bek Polandia, Kamil Glik, memprediksi duel di Stadion Slaski bakal berlangsung superketat. Sebab, mereka tidak hanya akan berjuang menghindari degradasi, tapi sekaligus menjaga peluang lolos ke Final Four. 

Jika pertandingan di Slaski berakhir seri, maka Portugal otomatis akan lolos ke Final Four sekaligus mendapat peluang meraih tiket play-off ke Kualifikasi Euro 2020. “Ini jelas untuk mengamankan play-off, kami, kedua tim, sama-sama harus melewati periode ini,” ujar Glik kepada Sport Mediaset