Prediksi Prancis Vs Jerman: Pertaruhan Nasib Joachim Low!

Joachim Low (Reuters/Ralph Orlowski)
16 Oktober 2018 13:41 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, PARIS - Paris selalu indentik dengan suasana romantis. Namun, di kota penuh cinta tersebut, nasib Pelatih Jerman, Joachim Low, bisa jadi akan berakhir tragis.

Kekalahan telak 0-3 dari Belanda pada Grup 1, Liga A, Liga Nations, Minggu (15/10/2018) dini hari WIB, membuat Low semakin tersudut. Maklum, Jerman menelan lima kekalahan dan hanya tiga kali menang dalam 10 pertandingan pada 2018 ini. Mantan asisten Jurgen Klinsmann di Piala Dunia 2006 tersebut sontak didesak meninggalkan jabatan yang diemban selama 12 tahun lamanya. 

Jerman memang pernah memiliki kenangan manis bersama Jogi, sapaan Low. Termasuk mengangkat trofi keempat mereka di Piala Dunia, saat turnamen terakbar di dunia tersebut digelar di Brasil pada 2014. Low juga masih terikat kontrak bersama Der Panzer, julukan Jerman, hingga 2022 mendatang.

Namun, cerita manis Low di kursi pelatih Jerman bisa saja berakhir pada laga ke-169 miliknya saat Der Panzer berjumpa Prancis pada matchday ketiga Grup 1 UEFA Nations League, di Stade de France, Paris, Rabu (17/10/2018) pukul 01.45 WIB. Apakah Low menyadari posisi gentingnya tersebut di kursi de trainner Jerman?

"Tentu saya sudah memprediksi itu. Terkadang saya harus berdamai dengan [kritik dan tekanan]. Kami harus bertanggung jawab dengan hasil ini. Perdebatan itu normal, namun pekerjaanku menyiapkan tim yang layak melawan Prancis," jelas Low, seperti dilansir Espn.com, Senin (15/10/2018).

Manuel Neuer cs. harus menghindari aib lainnya, yakni menelan kekalahan beruntun untuk kali pertama sejak 2000. Apalagi, jika sampai menelan kekalahan di Stade de France, Jerman semakin terancam turun kasta ke Liga B, di UEFA League Nations ini.

"Saya tidak tahu apakah setiap pemain merasa tidak aman. Itu sesuatu yag perlu ditanyakan setiap pemain kepada diri mereka sendiri. Kami semua harus memperjelas itu kepada pelatih kepala bahwa kami siap menerima tantangan. Ketika Anda kalah, Anda akan mendapat banyak kritik dan orang-orang bicara negatif," jelas Neuer.

Namun, upaya Jerman untuk bangkit tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Prancis merupakan lawan yang sangat menyulitkan bagi Der Panzer. Dalam empat pertemuan terbaru kedua tim, Jerman tak pernah mampu meraih kemenangan. Der Panzer menelan dua kekalahan dan dua pertandingan lainnya berakhir imbang. 

Salah satu hasil imbang itu diperoleh dalam pertemuan pertama kedua tim di Liga Nations. Jerman hanya bermain imbang tanpa gol saat menjamu Prancis, September silam. Masalah penyelesaian akhir memang menjadi PR besar Jerman jika mereka ingin menaklukkan Les Bleus, julukan Prancis. Timo Werner cs. gagal mencetak gol dalam tiga penampilan terbaru mereka.