Tanpa Messi-Ronaldo, El Clasico Tetap Bertabur Bintang

Real Madrid vs Barcelona (Reuters/Paul Hanna)
28 Oktober 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, BARCELONA — El Clasico tetaplah El Clasico. Kalimat itu dilontarkan Luis Suarez jelang laga Barcelona melawan Real Madrid di Camp Nou, Minggu (28/10/2018) dini hari WIB.

Duel tersebut memang dikhawatirkan berkurang gemerlapnya setelah bintang Madrid, Cristiano Ronaldo, hijrah ke Juventus di awal musim. El Clasico juga kian redup menyusul absennya Lionel Messi yang mengalami cedera lengan. Ini kali pertama dalam 11 tahun terakhir duel Madrid-Barca tak akan menampilkan Messi dan Ronaldo sekaligus.

Laga El Clasico yang terjadi di pekan ke-10 ini juga diprediksi kurang berimbang menyusul tren buruk Madrid belakangan ini. Sebelum menang 2-1 atas Viktoria Plzen di Liga Champions beberapa hari lalu, Los Blancos menelan tiga kekalahan beruntun (dua di antaranya di Liga Spanyol) yang membuat posisi Julen Lopetegui tak aman. Isco dkk. kini bahkan terperosok di posisi ketujuh dengan selisih empat poin dari Barca di puncak klasemen.

“Anda harus memang harus memperhatikan hasil terkini yang diraih oleh tim, tapi El Clasico tetap El Clasico. Anda tak bisa bersantai di pertandingan seperti ini,” ujar Luis Suarez seperti dilansir Fcbarcelona.com, Sabtu (27/10/2018).

Tanpa Messi, kekuatan Barcelona memang praktis berkurang. Namun mereka membuktikan masih bisa hidup tanpa La Pulga setelah mampu menggasak Sevilla (4-2) di Liga Primera dan Inter Milan (2-0) di Liga Champions. Masih ada pemain seperti Suarez, Philippe Coutinho hingga Ivan Rakitic yang membuat El Clasico tak kekurangan bintang. Di pihak Madrid, pemain macam Isco, Luka Modric hingga Gareth Bale juga siap memanaskan duel dua rival abadi tersebut.

Meski demikian Madrid diprediksi akan sedikit kelimpungan tanpa pemain kunci macam Ronaldo. Rekor CR7 di laga melawan Barca memang tak main-main yakni menciptakan 18 gol dan dua assist. Tim tamu juga dipastikan tampil tanpa Dani Carvajal yang masih cedera. Ini jelas akan menjadi pemikiran berat bagi Pelatih Madrid, Julen Lopetegui, yang dituntut meraih hasil positif jika ingin masa depannya bersama tim lebih panjang.

Terlepas dari performa yoyo timnya, bek Madrid, Marcelo, mengaku selalu termotivasi ketika bertandang ke Camp Nou. Bek asal Brasil itu memang sempat diragukan bisa tampil di El Clasico karena cedera.

“Saya sudah di sini selama 12 tahun dan punya banyak memori soal El Clasico. Bermain di kandang itu luar biasa, tapi bermain tandang, mewakili klub, selalu terasa luar biasa. Ketika semua fans melawan Anda, itu malah lebih memotivasi,” ujar Marcelo seperti dilansir AS.