Dibekuk Jepang, Indonesia Batal ke Piala Dunia U-20

Tim Nasional Indonesia U/19 (Pssi.org)
28 Oktober 2018 21:30 WIB Ahmad Baihaqi Dunia Share :

Solopos.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan dari Jepang di babak perempatfinal Piala Asia U-19. Kekalahan itu membuat mimpi Indonesia menuju Piala Dunia U-20 pun pupus.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (28/10/2018) malam WIB, Indonesia memasang lima bek untuk memperkuat pertahanan. Skema ini terlihat cukup ampuh di awal-awal pertandingan karena mampu membendung serangan-serangan Jepang.

Indonesia mendapat peluang emas di menit kedelapan. Sayang sepakan Firza Andhika di kotak penalti masih bisa diblok. Tak lama berselang, Jepang mampu menggetarkan gawang Indonesia. Namun gol itu dianulir lantaran offside.

Setelah itu, Jepang terus mendominasi permainan. Namun, pertahanan Indonesia cukup solid untuk membendung serangan. Apalagi, Indonesia menumpuk pemain di lini pertahanan. Indonesia sendiri lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-34, Jepang mendapat peluang dari tendangan bebas setelah Luthfi Kamal melakukan pelanggaran tak jauh dari kotak penalti. Eksekusi Takefusa Kubo memang melewati pagar hidup namun masih menyamping di sisi gawang.

Jepang akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-39. Tendangan keras bek kiri Jepang, Higashi Shunki, dari luar kotak penalti mampu menjebol gawang Indonesia yang dijaga M. Riyandi. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Jepang dan bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Indonesia mencoba keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Mereka mengancam lewat tendangan keras M. Luthfi Kamal pada menit ke-51. Sayang sepakan Luthfi dari kotak penalti masih menyamping di gawang Jepang.

Menit ke-57, Jepang nyaris mencetak gol. Beruntung M. Riyandi masih sigap membuat penyelamatan dari peluang yang tercipta akibat kemelut. Delapan menit kemudian giliran Witan Sulaeman yang gagal menuntaskan umpan Saddil Ramdani dengan baik.

Jepang kemudian bisa menggandakan keunggulan di menit ke-70. Taisei Miyashiro mampu merobek gawang Indonesia setelah bekerjasama satu dua dengan rekannya. Indonesia tertinggal 0-2. Skor tersebut bertahan hingga laga usai. Indonesia pun tersingkir.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19

M. Riyandi, Asnawi Mangkualam, Kadek Raditya, Rachmat Irianto, Indra Mustofa, Firza Andika, Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Hanis Saghara