Milan Menang Lagi Berkat Eksperimen Formasi

AC Milan (Reuters)
30 Oktober 2018 16:25 WIB Chrisna Chaniscara Dunia Share :

Solopos.com, MILANAC Milan dikenal getol dengan formasi 4-3-3 selama diasuh Gennaro Gattuso. Tak tanggung-tanggung, Rossoneri memakai formasi tersebut di 11 laga dalam semua kompetisi musim ini.  Di lini serang, Rossoneri mengandalkan Gonzalo Higuain yang ditopang Suso dan Hakan Calhanoglu di posisi winger. 

Namun formasi paten tersebut mendadak ditinggalkan saat Milan menjamu Sampdoria di San Sir, Senin (29/10/2018) dini hari WIB. Secara mengejutkan, Gattuso memakai formasi 4-4-2 yang baru pertama kali diadopsi musim ini. 

Taktik anyar itu dibarengi eksperimen dengan menduetkan dua target man, Higuain dan Patrick Cutrone. Sementara posisi sayap dipercayakan pada Suso dan bek kiri, Diego Laxalt yang didorong lebih ke depan.

Gattuso memang memeras otak untuk melakukan penyegaran selepas keok di dua laga terakhir melawan Real Betis dan Inter Milan. Cederanya sejumlah pemain seperti Giacomo Bonaventura juga memaksa Gattuso mengubah formasi menjadi 4-4-2. Hasilnya melegakan. Milan berhasil meraih kemenangan tipis 3-2 atas Sampdoria yang sebelumnya tak terkalahkan di empat laga terakhir. 

Tak hanya itu, Higuain dan Cutrone mampu tampil bagus dengan masing-masing mencetak satu gol. Satu gol lain dicetak Suso. “Kami melakukannya dengan baik, beradaptasi dan tampil dengan tim terbaik yang ada,” ujar Gattuso seperti dilansir Sky Sports, Senin. 

Meski meraih hasil positif, Gattuso belum menjamin formasi 4-4-2 akan kembali digeber di laga berikutnya. Posisi sang pelatih kini sedikit lebih aman setelah sempat digoyang isu pemecatan beberapa waktu lalu. Kini Rossoneri merangsek ke lima besar dengan 15 poin dari sembilan pertandingan.