Data & Fakta Pelatih Interim Madrid: Fans Messi Hingga Pemain Terseksi

Santiago Solari (Reuters/Susana Vera)
30 Oktober 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MADRID - Real Madrid resmi menunjuk Santiago Solari sebagai pelatih interim. Solari mengisi kekosongan kursi pelatih kepala Madrid setelah Julen Lopetegui dipecat pada Senin (29/10/2018) waktu setempat.  Solari sendiri sebelumnya melatih Real Madrid junior atau yang dikenal dengan Real Madrid Castilla.

Berikut data dan fakta mengenai Solari seperti dikutip dari Marca:

Rekan Setim Zidane
Solari pernah bermain lima musim di Real Madrid pada 2000-2005, empat musim di antaranya bersama Zinedine Zidane (2001-2005). Solari mengawali pergerakan ketika Zidane mencetak gol ikonik dengan tendangan voli ke gawang Bayer Leverkusen pada final Liga Champions 2002. Total,

Solari bermain 167 laga dan mencetak 16 gol untuk Los Blancos. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut pindah ke Real dengan bebas kontrak pada 2000 setelah Atletico terdegradasi ke divisi dua pada 2000.

Pernah Membela Atletico
Sebelum ke Real Madrid, Solari pernah bermain untuk rival sekota mereka, Atletico Madrid. Dia diboyong ke Atletico pada 1999 alias sekitar dua tahun setelah memenangi Coppa Libertadores bersama klub kampung halamannya, River Plate.

Keturunan Klan Pesepak Bola
Ayah Solari, Eduardo Solari, merupakan pesepak bola profesional di Argentina. Saudaranya, David dan Esteban, juga merambah karier di sepak bola, plus sepupunya Augusto. Paman Solari, Jorge Solari, bermain di Meksiko dan memiliki panggilan El Indio. Sedangkan Solari diberi julukan El Indiesito alias Little India.

Pesepak Bola Terseksi
Solari pernah dinobatkan sebagai pesepak bola terseksi versi Canal +. "Saya ucapkan terimakasih kepada orang-orang yang telah memilihku, namun saya yakin ini curang. Lihat saja nanti, apakah saya akan mendapat tawaran lain di industri film ketika saya hengkang dari sepak bola?," ujar Solari ketika itu.

Fans Messi
Sebagai pesepak bola yang lahir di Rosario, Argentina, Solari menjadi fans kompatriotnya Lionel Messi. Solari tidak pernah menyembunyikan kekagumannya kepada Messi, meski sang pemain membela musuh bebuyutan Madrid, Barcelona. "Cristiano [Ronaldo] pemain terbaik di dunia jika Messi bermain di olahraga lain," ujarnya merespon perdebatan Ronaldo versus Messi.