Manchester City Vs Fulham: Saatnya Pembuktian Diri, Gabriel Jesus!

Manchester City (Reuters/Craigh Brough)
31 Oktober 2018 20:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER — Performa Gabriel Jesus mengundang decak kagum dalam satu setengah musim pertamanya bersama Manchester City. Meski direcoki cedera, penyerang asal Brasil itu masih bisa mencetak 24 gol dalam 47 pertandingan di semua kompetisi. 

Tapi Jesus mengawali musim ini dengan sulit. Dia baru mengoleksi dua gol dalam 12 pertandingan di semua kompetisi. Minimnya kontribusi gol Jesus kepada The Citizens, julukan City, antara lain dipicu karena menit tampil yang terbatas. Pelatih Manchester City, Josep “Pep” Guardiola, kini menganggap Jesus hanya pemain lapis kedua setelah Sergio Aguero, untuk menempati ujung tombak timnya.

Jesus baru dua kali bermain sebagai starter dan tujuh laga turun dari bangku cadangan di Liga Premier Inggris 2018/2019. Jumlah itu bertolak belakang dengan penampilan Aguero yang selalu menjadi starter dalam 10 laga pembuka Liga Premier 2018/2019.

Padahal di Liga Premier Inggris musim lalu, proporsi Jesus sebagai starter masih bisa bersaing dengan Aguero. Ia mendapat kesempatan 19 kali bermain sebagai starter. Catatan itu hanya beda tipis dengan Aguero yang menorehkan 22 laga sebagai starter.

Jesus harus kembali merebut hati Guardiola apabila dimainkan melawan Fulham pada babak 16 besar Piala Liga (Carabao Cup) di Etihad Stadium, Manchester, Jumat (2/11/2018) pukul 02.45 WIB. Guardiola kemungkinan besar akan menempatkan Jesus sebagai starter dan mengistirahatkan Aguero pada pertandingan ini.

September lalu, Jesus mengaku tidak kaget jika harus dicoret dari line-up The Citizens. Ia bertekad agar kembali bisa bersaing ke tim utama. “Itu normal dengan skuat yang luar biasa [milik City],” jelasnya, seperti dilansir Skysports.com, Rabu (31/10/2018).

Jesus bukan satu-satunya pemain lapis kedua City yang bertekad membuktikan kemampuannya pada bentrok kontra Fulham nanti. Winger Leroy Sane dan gelandang Phil Foden yang jarang mendapat tempat reguler ingin menunjukkan kemampuannya.

Sane beberapa kali dipercaya sebagai starter di awal musim ini. Namun, winger Jerman itu dicoret dalam dua big match terbaru City, melawan Liverpool dan Tottenham Hotspur. Musim ini, City telah sekali berjumpa dengan Fulham di Liga Premier. The Citizens menang telak 3-0, September lalu. Sane membuka pesta gol The Citizens kala itu.