Fernandinho, Si Tukang Jagal Manchester City

Fernandinho (Reuters/Darren Staples)
31 Oktober 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti Dunia Share :

Solopos.com, MANCHESTER - Start gemilang Manchester City di Liga Premier Inggris musim ini bukan hanya karena mereka memiliki serangan agresif. Tim asal Manchester ini juga berada di puncak klasemen karena keunggulan mereka dalam bertahan.

Ya, gawang City musim ini benar-benar sulit dibobol lawan mereka. Dalam 10 laga pembuka Liga Premier Inggris 2018/2019, mereka baru kemasukan tiga biji gol. Kunci pertahanan solid The Citizens tidak semata-mata karena ketangguhan kiper Ederson Moraes atau barisan bek mereka. Gelandang bertahan asal Brasil, Fernandinho, ikut berkontribusi atas terbentuknya benteng pertahanan kukuh tim polesan Josep “Pep” Guardiola musim ini.

Ya, Fernandino mendapat “pekerjaan kotor” dari Guardiola. Dia menjadi orang pertama yang kerap melakukan pelanggaran demi memutus alur serangan rawan. Gelandang berusia 33 tahun tersebut menjadi pemain dengan pelanggaran terbanyak musim ini, sebanyak 16 kali. Disusul Aymeric Loporter dengan 9 pelanggaran, serta Raheem Sterling, David Silva, dan Bernardo Silva masing-masing delapan pelanggaran.

Wajar apabila Fernandino nyaris selalu dipasang sebagai starter. Mantan pemain Liga Premier Inggris, Martin Keown, menjuluki Fernandino sebagai Assassin-nya City karena tugasnya sebagai “tukang tekel” tersebut.

“Dari semua keahlian mereka, Manchester City memiliki seorang master seni kegelapan yang tertelak pada Fernandinho,” tulis Keown dalam ulasannya di Daily Mail, Rabu (31/1/2018).

Namun, “pekerjaan kotor” yang dilakukan Fernandino itu bukan tanpa risiko. The Citizens mendapat ganjaran 16 kali tendangan bebas karena ulah Fernandinho melanggar pemain lawan dalam 10 partai perdana Liga Premier Inggris musim ini.

Tapi Fernandinho cukup beruntung karena jarang diberi kartu kuning apalagi kartu merah. Dia hanya mengantongi dua kartu kuning, salah satunya ketika City menjinakkan Tottenham Hotspur 1-0 di Stadion Wembley, Selasa (30/10/2018) dini hari WIB.

Kiprah Assassin The Citizens ini bakal kembali dinanti ketika City menjamu Fulham pada babak 16 besar Piala Liga di Stadion Etihad, Manchester, Jumat (2/11/2018) dini hari WIB. Bomber Fulham, Aleksandar Mitrovic, harus lihai menghindari terjangan Fernandinho jika ingin menembus pertahanan City. Tapi Mitrovic punya modal bagus. Ia moncer dengan lima gol di Liga Premier Inggris musim ini.